Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Hasil prestasi belajar dengan menggunakan media cetak, 2. Hasil prestasi belajar dengan menggunakan media elektronik, 3. Komparasi prestasi belajar antara aplikasi media cetak dan media elektronik dalam pembelajaran fiqih. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menekankan analisisnya pada numerical (angka) yang diolah dengan metoda statistika. Subyek penelitian adalah siswa kelas VA dan VB MIN 2 Bawu Batealit Jepara. Tehnik pengambilan data menggunakan tehnik observasi, dokumentasi, dan wawancara/interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,1). persentase hasil prestasi belajar mata pelajaran fiqih untuk siswa kelas V A dengan menggunakan media cetak yaitu 82 %, 2). persentasehasil prestasi belajar mata pelajaran fiqih untuk siswa kelas VB menggunakan media elektronik yaitu 90 %, 3). Uji t hitung yang telah dihitung kemudian dibandingkan dengan t tabel dengan dk = n1+ n2-2= 38 + 38 - 2 = 74. Dengan dk 76 dan taraf kesalahan 5 %, maka t tabel = 1,99254 (uji dua pihak dan dengan interpolasi). Dalam hal ini berlaku ketentuan bahwa, bila t hitung lebih kecil atau sama dengan t tabel, maka Ho ditolak. Ternyata t hitung lebih kecil daripada t tabel (t hit 5,18612>t tabel1,99254), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat perbedaan hasil prestasi belajar fikih yang signifikan berdasarkan penggunaan media pembelajaran terhadap media cetak maupun media elektronik di MIN 2 Bawu Batealit Jepara.