Daftar Isi:
  • Ektrakurikuler merupakan bagian dari proses pembelajaran yang dilaksanakan di luar jam sekolah. Keberadaannya sangatlah penting bagi siswa untuk mengasah dan mengembangkan bakat dan minat siswa dalam meraih prestasi non akademik. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka diperlukan strategi dalam mengatur kegiatan ekstrakurikuler di SMK NU Ma’arif 2 Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Setelah itu data dianalisis menggunakan langkah-langkah reduksi data, coding, pemeriksaan keabsahan data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler yang dicanangkan Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Ma’arif 2 Kudus sudah diterapkan dengan baik meliputi: a) indikator perencanaan yang dilakukan sesuai target dan sasaran, b) Jadwal dan waktu serta anggaran/biaya kegiatan ekstrakurikuler disusun secara sistematis sesuai tujuan program kerja.. Pelaksanaan program kegitan ekstrakurikuler meliputi : a) Pembinaan secara berkelanjutan b) Student day (hari kreatifitas siswa) c) Mengadakan seleksi d) Pengiriman duta ke luar sekolah. Pelaksanaan Evaluasi yang dilakukan oleh sekolah meliputi: a) tiap minggu guru memberikan hasil evaluasi kepada koordinator ekstra, b) tiap bulan dilaporkan kepada WAKA Kesiswaan, c) akhir tahun dilaporkan oleh kepala sekolah. Adanya kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan prestasi non- akademik siswa mempunyai implikasi sebagai berikut : a) implikasi terhadap siswa yaitu dapat mencerdaskan dan melatih kemandirian siswa b) implikasi terhadap masyarakat yaitu Sekolah di kenal masyarakat luas dengan pencapaian prestasi non-akademik.