Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini (1) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh penanganan keluhan berpengaruh terhadap loyalitas anggota KSPPS BMT Al Hikmah Semesta Jepara. (2) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh komunikasi berpengaruh terhadap loyalitas anggota KSPPS BMT Al Hikmah Semesta Jepara. (3) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh relationship marketing berpengaruh terhadap loyalitas anggota KSPPS BMT Al Hikmah Semesta Jepara. (4) Untuk menganalisis dan menguji pengaruh penanganan keluhan, komunikasi dan relationship marketing berpengaruh terhadap loyalitas anggota KSPPS BMT Al Hikmah Semesta Jepara. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif, yang berlandaskan pada falsafah positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dimana. Subjek Penelitian ini adalah anggota KSPPS BMT Al Hikmah Semesta Jepara. Jumlah responden sebanyak 100 anggota. Hasil Penelitian ini adalah bahwa: (1) Secara parsial penanganan keluhan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota. Hal ini dibuktikan bahwa semakin baik tingkat penanganan keluhan anggota maka akan semakin tinggi loyalitas anggota terbukti dari indikator variabel penanganan masalah yang paling mendominasi diantaranya kemudahan prosedur pengajuan komplain dan penyelesaian masalah secara memuaskan. (2) Secara parsial komunikasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota. Hal ini dibuktikan bahwa komunikasi yang diberikan BMT terhadap anggotanya didominasi dengan sikap serta ketrampilan dari pegawai BMT sehingga berpengaruh baik terhadap loyalitas anggota (3) Secara parsial relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota. Hal ini dibuktikan dengan BMT dipercaya oleh anggotanya yang terlihat dari tanggapan responden yang sangat mendominasi diantaranya komunikasi, komitmen serta kepercayaan sehingga dapat meningkatkan loyalitas anggota (4) Secara simultan penanganan keluhan, komunikasi dan relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota