MANAJEMEN PEMBELAJARAN BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DALAM PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA MI MASHOLIHUL HUDA KRAPYAK JEPARA TAHUN PELAJARAN 2019-2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen pembelajaran bidang studi Aqidah Akhlak dalam penguatan karakter peserta didik pada MI Masholihul Huda Krapyak Jepara Tahun Pelajaran 2019-2020. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pembelajaran bidang studi Aqidah Akhlak dalam penguatan karakter peserta didik pada MI Masholihul Huda Krapyak Jepara Tahun Pelajaran 2019-2020. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif di MI Masholihul Huda Krapyak Jepara. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara pihak yang terkait dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut; (1) Manajemen Pembelajaran Studi Aqidah Akhlak dalam penguatan karakter peserta didik pada MI Masholihul Huda Krapyak adalah Guru menerapkan metode penguatan karakter peserta didik melalui pendalaman materi serta praktek dalam kegiatan belajar mengajar serta pembiasaan di Madrasah seperti Sholat Dhuha, Sholat Dhuhur berjamaah, Hafalan doa sehari-hari, Upacara Bendera, Berinfaq, Takziyah, peringatan hari besar Agama dan Nasional serta kegiatan ektrakurikuler. (2) Faktor pendukung dalam manajemen pembelajaran bidang studi Aqidah Akhlak dalam penguatan karakter peserta didik pada MI Masholihul Huda Krapyak Jepara adalah adanya sistem boarding school, panti asuhan serta kegiatan unggulan rutin lainnya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sebagian siswa pasif dan memiliki rasa percaya diri yang rendah.