IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2019/2020
ctrlnum |
1737 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/</relation><title>IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2019/2020</title><creator>MASTUR SUEB, 1726100005344</creator><subject>371.102 Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran</subject><description>Penelitian ini mendeskripsikan implementasi sistem manajemen mutu dalam meningkatkan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan peningkatan mutu, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam peningkatan mutu pendidikan. dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus.. Secara lebih detail, penelitian ini Jenis Penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan, dimana penulis menggali dan mengumpulkan data dengan langsung turun ke lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan model analisis deskriptif
Hasil penelitian pelaksanaan sistem manajemen mutu pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus dilakukan tahapan-tahapan sebagai berikut: (1) Perencanaan dilakukan melalui pemilihan dan penetapan kegiatan. Bentuk perencanaan meliputi: Pengaturan sumber daya, pengaturan sumber dana, pengembangan kurikulum dan pembinaan personil organisasi sekolah. (2) Pengorganisasian dilaksanakan dengan proses perincian seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan setiap personil organisasi sekolah dalam mencapai tujuan organisasi. (3) Pelaksanaan sepenuhnya harus mengikuti tahapan pelaksanaan pedoman umum. (4) Pengawasan meliputi tiga tahapan, yaitu: Pengawasan pendahuluan, pengawasan yang dilakukan bersama dengan pelaksanaan kegiatan dan pengawasan umpan balik untuk mengukur hasil-hasil dari suatu kegiatan yang telah diselesaikan. 
Faktor penghambat dalam pelaksanaan konsep dan tujuan kebijakan manajemen peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus terkadang belum dipahami secara utuh oleh pelaku kebijakan sebagai akibat dari pelaksanaan sosialisasi kebijakan yang masih temporer dan kurangnya komunikasi dan koordinasi di antara pelaku kebijakan. Sedangkan faktor pendukung dalam implementasi sistem manajemen mutu dalam meningkatkan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus adalah Kepala Madrasah sebagai manager bekerjasama dengan komite dan komponen lain mengusahakan peningkatan mutu pendidikan dengan menyusun rencana strategis yang berkesinambungan. Peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus mengalami peningkatan secara signifikan dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2020. Hal ini terlihat dari indikator kenaikan nilai hasil Ujian Akhir Madrasah dan Ujian Nasional dari tahun ke tahun.</description><date>2020-08-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/1/5_172610000534_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/2/2_172610000534_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/3/3_172610000534_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/4/4_172610000534_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/5/5_172610000534_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/6/6_172610000534_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/7/7_172610000534_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/8/8_172610000534_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> MASTUR SUEB, 1726100005344 (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara. </identifier><recordID>1737</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
MASTUR SUEB, 1726100005344 |
title |
IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2019/2020 |
publishDate |
2020 |
isbn |
172610000534 1726100005344 |
topic |
371.102 Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran |
url |
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/1/5_172610000534_COVER.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/2/2_172610000534_BAB%20I.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/3/3_172610000534_BAB%20II.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/4/4_172610000534_BAB%20III.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/5/5_172610000534_BAB%20IV.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/6/6_172610000534_BAB%20V.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/7/7_172610000534_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/8/8_172610000534_LAMPIRAN.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/ |
contents |
Penelitian ini mendeskripsikan implementasi sistem manajemen mutu dalam meningkatkan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan peningkatan mutu, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam peningkatan mutu pendidikan. dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus.. Secara lebih detail, penelitian ini Jenis Penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan, dimana penulis menggali dan mengumpulkan data dengan langsung turun ke lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan model analisis deskriptif
Hasil penelitian pelaksanaan sistem manajemen mutu pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus dilakukan tahapan-tahapan sebagai berikut: (1) Perencanaan dilakukan melalui pemilihan dan penetapan kegiatan. Bentuk perencanaan meliputi: Pengaturan sumber daya, pengaturan sumber dana, pengembangan kurikulum dan pembinaan personil organisasi sekolah. (2) Pengorganisasian dilaksanakan dengan proses perincian seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan setiap personil organisasi sekolah dalam mencapai tujuan organisasi. (3) Pelaksanaan sepenuhnya harus mengikuti tahapan pelaksanaan pedoman umum. (4) Pengawasan meliputi tiga tahapan, yaitu: Pengawasan pendahuluan, pengawasan yang dilakukan bersama dengan pelaksanaan kegiatan dan pengawasan umpan balik untuk mengukur hasil-hasil dari suatu kegiatan yang telah diselesaikan.
Faktor penghambat dalam pelaksanaan konsep dan tujuan kebijakan manajemen peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus terkadang belum dipahami secara utuh oleh pelaku kebijakan sebagai akibat dari pelaksanaan sosialisasi kebijakan yang masih temporer dan kurangnya komunikasi dan koordinasi di antara pelaku kebijakan. Sedangkan faktor pendukung dalam implementasi sistem manajemen mutu dalam meningkatkan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus adalah Kepala Madrasah sebagai manager bekerjasama dengan komite dan komponen lain mengusahakan peningkatan mutu pendidikan dengan menyusun rencana strategis yang berkesinambungan. Peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus mengalami peningkatan secara signifikan dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2020. Hal ini terlihat dari indikator kenaikan nilai hasil Ujian Akhir Madrasah dan Ujian Nasional dari tahun ke tahun. |
id |
IOS3407.1737 |
institution |
Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara |
institution_id |
462 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNISNU Jepara |
library_id |
498 |
collection |
Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Repository |
repository_id |
3407 |
subject_area |
Agama Akuntansi Arsitektur |
city |
JEPARA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3407 |
first_indexed |
2023-03-04T19:57:26Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:57:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764485493863481344 |
score |
17.538404 |