ctrlnum 1737
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/</relation><title>IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2019/2020</title><creator>MASTUR SUEB, 1726100005344</creator><subject>371.102 Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran</subject><description>Penelitian ini mendeskripsikan implementasi sistem manajemen mutu dalam meningkatkan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan peningkatan mutu, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam peningkatan mutu pendidikan. dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus.. Secara lebih detail, penelitian ini Jenis Penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan, dimana penulis menggali dan mengumpulkan data dengan langsung turun ke lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan model analisis deskriptif&#xD; Hasil penelitian pelaksanaan sistem manajemen mutu pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus dilakukan tahapan-tahapan sebagai berikut: (1) Perencanaan dilakukan melalui pemilihan dan penetapan kegiatan. Bentuk perencanaan meliputi: Pengaturan sumber daya, pengaturan sumber dana, pengembangan kurikulum dan pembinaan personil organisasi sekolah. (2) Pengorganisasian dilaksanakan dengan proses perincian seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan setiap personil organisasi sekolah dalam mencapai tujuan organisasi. (3) Pelaksanaan sepenuhnya harus mengikuti tahapan pelaksanaan pedoman umum. (4) Pengawasan meliputi tiga tahapan, yaitu: Pengawasan pendahuluan, pengawasan yang dilakukan bersama dengan pelaksanaan kegiatan dan pengawasan umpan balik untuk mengukur hasil-hasil dari suatu kegiatan yang telah diselesaikan. &#xD; Faktor penghambat dalam pelaksanaan konsep dan tujuan kebijakan manajemen peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus terkadang belum dipahami secara utuh oleh pelaku kebijakan sebagai akibat dari pelaksanaan sosialisasi kebijakan yang masih temporer dan kurangnya komunikasi dan koordinasi di antara pelaku kebijakan. Sedangkan faktor pendukung dalam implementasi sistem manajemen mutu dalam meningkatkan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus adalah Kepala Madrasah sebagai manager bekerjasama dengan komite dan komponen lain mengusahakan peningkatan mutu pendidikan dengan menyusun rencana strategis yang berkesinambungan. Peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus mengalami peningkatan secara signifikan dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2020. Hal ini terlihat dari indikator kenaikan nilai hasil Ujian Akhir Madrasah dan Ujian Nasional dari tahun ke tahun.</description><date>2020-08-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/1/5_172610000534_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/2/2_172610000534_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/3/3_172610000534_BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/4/4_172610000534_BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/5/5_172610000534_BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/6/6_172610000534_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/7/7_172610000534_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/8/8_172610000534_LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> MASTUR SUEB, 1726100005344 (2020) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara. </identifier><recordID>1737</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MASTUR SUEB, 1726100005344
title IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NU MIFTAHUL FALAH CENDONO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2019/2020
publishDate 2020
isbn 172610000534
1726100005344
topic 371.102 Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran
url http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/1/5_172610000534_COVER.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/2/2_172610000534_BAB%20I.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/3/3_172610000534_BAB%20II.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/4/4_172610000534_BAB%20III.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/5/5_172610000534_BAB%20IV.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/6/6_172610000534_BAB%20V.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/7/7_172610000534_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/8/8_172610000534_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1737/
contents Penelitian ini mendeskripsikan implementasi sistem manajemen mutu dalam meningkatkan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan peningkatan mutu, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam peningkatan mutu pendidikan. dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus.. Secara lebih detail, penelitian ini Jenis Penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan, dimana penulis menggali dan mengumpulkan data dengan langsung turun ke lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan model analisis deskriptif Hasil penelitian pelaksanaan sistem manajemen mutu pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus dilakukan tahapan-tahapan sebagai berikut: (1) Perencanaan dilakukan melalui pemilihan dan penetapan kegiatan. Bentuk perencanaan meliputi: Pengaturan sumber daya, pengaturan sumber dana, pengembangan kurikulum dan pembinaan personil organisasi sekolah. (2) Pengorganisasian dilaksanakan dengan proses perincian seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan setiap personil organisasi sekolah dalam mencapai tujuan organisasi. (3) Pelaksanaan sepenuhnya harus mengikuti tahapan pelaksanaan pedoman umum. (4) Pengawasan meliputi tiga tahapan, yaitu: Pengawasan pendahuluan, pengawasan yang dilakukan bersama dengan pelaksanaan kegiatan dan pengawasan umpan balik untuk mengukur hasil-hasil dari suatu kegiatan yang telah diselesaikan. Faktor penghambat dalam pelaksanaan konsep dan tujuan kebijakan manajemen peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus terkadang belum dipahami secara utuh oleh pelaku kebijakan sebagai akibat dari pelaksanaan sosialisasi kebijakan yang masih temporer dan kurangnya komunikasi dan koordinasi di antara pelaku kebijakan. Sedangkan faktor pendukung dalam implementasi sistem manajemen mutu dalam meningkatkan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus adalah Kepala Madrasah sebagai manager bekerjasama dengan komite dan komponen lain mengusahakan peningkatan mutu pendidikan dengan menyusun rencana strategis yang berkesinambungan. Peningkatan mutu pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Nahdatlul Uama Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus mengalami peningkatan secara signifikan dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2020. Hal ini terlihat dari indikator kenaikan nilai hasil Ujian Akhir Madrasah dan Ujian Nasional dari tahun ke tahun.
id IOS3407.1737
institution Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
institution_id 462
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNISNU Jepara
library_id 498
collection Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Repository
repository_id 3407
subject_area Agama
Akuntansi
Arsitektur
city JEPARA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3407
first_indexed 2023-03-04T19:57:26Z
last_indexed 2023-03-04T19:57:26Z
recordtype dc
_version_ 1764485493863481344
score 17.538404