Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi bahwa masa depan pesantren ditentukan oleh sejauh mana pesantren memformulasikan dirinya menjadi pesantren yang mampu menjawab tuntutan masa depan tanpa kehilangan jati dirinya. Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya dapat ditempuh melalui menajemen kurikulum pesentren yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Manajemen kurikulum tersebut diharapkan mampu meningkatkan mutu pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum pondok pesantren dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Pesantren Roudlotul Mubtadiin Ngagel Dukuhseti Pati, 2) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Ngagel Dukuhseti Pati, dan 3) Hasil peningkatan mutu pembelajaran melalui manajemen kurikulum pondok pesantren di Pesantren Roudlotul Mubtadiin Ngagel Dukuhseti Pati Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan studi kasus dengan teknik pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer bersumber: pengasuh, ustadz/ustadzah, pengurus dan santri. Sedangkan sumber sekunder berasal dari dokumen kurikulum yang diterapkan pondok pesantren Roudlotul Mubtadiin Desa Ngagel, dan dokumen atau berbagai tulisan ilmiah yang mendukung dan berkaitan dengan judul tesis ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini: 1) wawancara, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik análisis data yang meliputi: 1) Reduksi Data (Data Reduction); 2) Penyajian Data (Data Display); dan 3) Verifikasi (Clonclusion Drawing). Uji kredibilitas data meliputi: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Ngagel sudah terlaksana dengan baik mulai dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Faktor pendukung dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Ngagel meliputi: a) dukungan dari pengasuh dan kepala pondok pesantren, b) latar belakang pendidikan ustadz yang linier dengan mata pelajaran yang diampu, dan c) ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: a) kurang lengkapnya administrasi pembelajaran, b) masih ada sebagian santri yang memiliki motivasi belajar rendah, dan c) Kurangnya alokasi waktu pembelajaran di masa Pandemi Covid-19. 3) Hasil peningkatan mutu pembelajaran pada melalui manajemen kurikulum di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Ngagel meliputi: kesesuaian, daya tarik, efektivitas, efisiensi dan produktivitas.