Daftar Isi:
  • Peningkatan mutu dan kualitas di Madrasah Aliyah menjadi salah satu tuntutan bagi sebagian besar masyarakat. Rendahnya mutu dan kualitas madrasah dapat menyebabkan berkurangnya kepercayaan dan kepuasan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan adanya TQM atau manajemen mutu terpadu untuk meningkatkan kepuasan bagi para pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses mengimplementasikan nilai-nilai TQM; (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan nilai-nilai TQM; (3) mendeskripsikan upaya mengatasi hambatan-hambatan dalam mengimplementasikan nilai-nilai TQM untuk meningkatkan mutu pendidkan di Madrasah Aliyah Mathalibul Huda Mlonggo. Hasil pembahasan disimpulkan: (1) proses implementasi nilai-nilai TQM dilaksanakan sesuai dengan kinerja sistem manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut; (2) Faktor pendukung dalam pengimplementasian TQM meliputi: faktor internal dan eksternal. Faktor penghambat meliputi: umum dan khusus, internal dan eksternal serta teknis dan nonteknis; (3) upaya yang dilaksakan mengatasi hambatan-hambatan dalam mengimplementasikan nilai-nilai TQM untuk meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Mathalibul Huda Mlonggo yaitu melaksanakan perbaikan secara umum dan khusus,internal dan eksternal, serta teknis dan non teknis.