PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI DI KELAS VIII F MTS MATHALIBUL HUDA MLONGGO JEPARA TAHUN AJARAN 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, sehingga suasana pembelajaran kurang begitu menarik perhatian peserta didik. Salah satu metode bervariasi yang bisa digunakan adalah metode bernyanyi. Metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran dengan cara peserta didik melagukan materi pembelajaran baik dengan musik maupun tidak. Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan faktor pendukung serta faktor penghambat pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode bernyanyi di kelas VIII F MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2020/2021 Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode bernyanyi di kelas VIII F MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara sudah terlaksana cukup baik, pelaksanaan pembelajarannya dilakukan secara daring/online dengan memanfaatkan Whtasapp sebagai perantaranya. Adapun kegiatan pembelajarannya meliputi tiga tahap, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Untuk kegiatan pendahuluan dan penutup dilaksanakan sebagaimana pembelajaran pada umumnya, mulai dari salam pembuka, cek kehadiran peserta didik, dan lain-lain, hingga penyampaian simpulan pembelajaran dan salam penutup. Pada tahap kegiatan inti penggunaan metode bernyanyi, pendidik memberikan contoh video pembelajaran menggunakan metode bernyanyi ke peserta didik, dan selanjutnya peserta didik diberi kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuan mereka dalam merangkai lirik lagu yang asli dengan materi pembelajaran. Metode bernyanyi dinilai lebih efektif untuk mengasah kreatifitas peserta didik, dan juga untuk memudahkan peserta didik dalam menghafal materi pelajaran, meskipun hanya untuk materi-materi tertentu saja. Minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran juga lebih meningkat ketika pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode bernyanyi, sehingga hal tersebut menciptakan suaasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.