Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penguatan Pendidikan karakter peserta didik melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP). Rumusan masalah dalam tesis ini adalah a) Bagaimana Penguatan Pendidikan Karakter melalui mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK Negeri 2 Jepara Tahun pelajaran 2020/2021? b) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Penguatan Pendidikan Karakter melalui mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK Negeri 2 Jepara Tahun pelajaran 2020/2021? c) Sejauh mana hasil Penguatan Pendidikan Karakter melalui mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMK Negeri 2 Jepara Tahun pelajaran 2020/2021?. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif analitik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul akan dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penguatan Pendidikan Karakter melalui mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Perencanaan dilakukan sesuai kebutuhan administrasi kurikulum yang ada yakni dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, membiasakan peserta didik untuk mempraktikkan nilai Religius, Nasionalis, Kemandirian, Gotong Royong dan Integritas selama pembelajaran di kelas. 2) Faktor pendukung dan penghambat Penguatan Pendidikan Karakter melalui mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: factor pendukung: Pembelajaran siswa yang kondusif, Guru yang kompeten dalam mengajar, Komunikasi guru yang bersahabat kepada semua siswa, kerja sama antara guru, siswa dan semua warga sekolah. Faktor penghambat: Latar belakang peserta didik yang heterogen, Pengaruh pergaulan teman, Kurangnya dukungan dari kedua orang tua, Tidak bisa memantau secara langsung, Alat komunikasi yang kurang memadai. 3) hasil Penguatan Pendidikan Karakter melalui mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti sudah optimal dengan di tanamkan: Berdoa sebelum pembelajaran, Pembacaan Asmaul Husna menjadi kegiatan wajib saat pembelajaran PAI, Kegiatan Shalat dzuhur secara berjamaah, Senyum, salam, dan sapa, peserta didik mengerjakan tugas secara mandiri, pembiasaan saling membantu menjelaskan pelajaran antar teman ketika proses pembelajaran, kemudian membiasakan melatih peserta didik untuk tampil di depan teman-temanya.