Daftar Isi:
  • Persaingan yang ketat antar perusahaan dalam era ekonomi global menuntut perusahaan untuk selalu menjadi yang terdepan dan terbaik dalam memberikan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen. Persaingan yang terjadi merupakan suatu bagian yang tidak terpisahkan dari perusahaan, karena dengan adanya persaingan tersebut justru merupakan salah satu unsur penting dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat sehingga dapat memberikan keuntungan positif bagi perusahaan . Sampel penelitian ini Sales CV. Utama Jaya Distribusi Jepara, dengan populasi sebesar 56 tenaga penjual. Pengumpulan data dengan daftar pertanyaan yang diadopsi dari peneliti terdahulu. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan regresi linier berganda serta mengunakan uji anova (uji F) serta uji statistik t. Variabel kompetensi penjual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga penjual,variabel orientasi pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga penjual dan variabel penjualan adaptif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga penjual. Secara simultan atau bersama-sama variabel kompetensi penjual, orientasi pelanggan, dan penjualan adaptif mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga penjual.