Daftar Isi:
  • Tesis ini bertujuan mengkaji peran supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru Madrasah Tsanawiyah Ribhul Ulum Kedungmutih Wedung Demak Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 1) Reduksi data, 2) Penyajian data 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala Madrasah Tsanawiyah Ribhul Ulum Kedungmutih Wedung Demak pada Tahun Pelajaran 2020/2021 telah melaksanakan kegiatan supervisi secara rutin dan berkesinambungan. Supervisi yang dilakukan kepala Madrasah Tsanawiyah Ribhul Ulum Kedungmutih Wedung Demak pada Tahun Pelajaran 2020/2021 antara lain berupa dorongan, bimbingan, dan pemberian kesempatan pertumbuhan keahlian dan kecakapan guru-guru. Supervisi kepala Tsanawiyah Ribhul Ulum Kedungmutih Wedung Demak Tahun Pelajaran 2020/2021 telah ikut berperan dalam meningkatkaan Kompetensi Kepribadian guru dan kualitas gurun sehingga terjadi peningkatan pengelolaan pembelajaran yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil pembelajaran sampai pada pengembangan peserta didik untuk dapat mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dari hasil supervisi, kepala Madrasah Tsanawiyah Ribhul Ulum Kedungmutih Wedung Demak dapat diketahui kelemahan sekaligus keunggulan guru dalam melaksanakan pembelajaran, tingkat penguasaan Kompetensi Kepribadian guru yang bersangkutan, selanjutnya diupayakan solusi, pembinaan dan tindak lanjut tertentu sehingga guru dapat memperbaiki kekurangan yang ada.