Daftar Isi:
  • Slamet, 2015. Pengaruh Intensitas Supervisi Pimpinan Madrasah dan Kepuasan Kerja terhadap Kedisiplinan Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Se- Kecamatan Nalumsari Jepara Tahun 2015. Tesis Prodi Manajemen Pendidikan Islam UNISNU Jepara, Pembimbing I: Dr. H. Shodiq Abdullah, M.Ag. Pembimbing II: DR. H. Djasadi, M.Pd Kata Kunci: Supervisi Pimpinan Madrasah, Kepuasan Kerja, Kedisiplinan Kerja Kedisiplinan merupakan suatu hal yang penting untuk setiap orang, khususnya dikalangan para pendidik yakni guru. Karena dengan adanya kedisiplinan diharapkan pekerjaan akan dilakukan seefektif mungkin. Diantara fakor yang mempengaruhi kedisiplinan guru adalah supervisi pimpinan madrasah. Pimpinan madrasah sebagai supervisor mempunyai tanggung jawab untuk meningkatan kemampuan guru serta mempunyai peranan yang sangat penting terhadap perkembangan dan kemajuan sekolah. Oleh karena itu, ia harus melaksanakan supervisi secara baik dan benar sesuai dengan prinsip-prinsip supervisi serta teknik dan pendekatan yang tepat. Selain supervisi kepala sekolah, yang mampu mempengaruhi kedisplinan guru, faktor kepuasan kerja juga merupakan salah satu faktor yang mampu meningkatkan kedisiplinan guru Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Adakah pengaruh intensitas supervisi pimpinan madrasah terhadap kedisiplinan guru Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Nalumsari Jepara? 2) Adakah pengaruh kepuasan kerja guru terhadap kedisiplinan guru Madrasah Ibtidaiyah Se- Kecamatan Nalumsari Jepara? 3) Adakah pengaruh intensitas supervisi pimpinan madrasah dan kepuasan kerja guru secara bersama-sama terhadap kedisiplinan guru Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Nalumsari Jepara? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dimana data penelitian yang didapatkan berupa angka- angka dan analisis menggunakan statistik. Dikarenakan dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas dan satu variabel terikat maka teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data statistik regresi ganda. Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Intensitas supervisi pimpinan madrasah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kedisiplinan kerja guru MI Se-Kecamatan Nalumsari Jepara. Hal ini bisa dilihat dari model garis regresinya Ŷ = 16.089 + 0.692 X1. Sedangkan nilai koefisien korelasi Pearson didapatkan nilai 0.539. Adapun nilai koefisien determinasi adalah sebesar 29.1%. 2) Kepuasan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kedisiplinan kerja guru MI Se-Kecamatan Nalumsari Jepara. Hal ini bisa dilihat dari model garis regresinya menjadi Ŷ = 24.171 + 0.477 X2. Sedangkan nilai koefisien korelasi Pearson didapatkan nilai 0.394. Adapun nilai koefisien determinasi adalah sebesar 15.6%. 3) Intensitas supervisi pimpinan madarasah dan kepuasan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kedisiplinan kerja guru MI Se-Kecamatan Nalumsari Jepara. Hal ini bisa dilihat dari model garis regresinya Ŷ = 4.878 + 0.372 X1 + 0.621 X2. Adapun nilai koefisien korelasi bergandanya sebesar 0.619. Hasil pengujian F yang menghasilkan besaran nilai Fhitung sebesar 12.702. Adapun nilai uji koefisien determinasi yang mendapatkan nilai sebesar 35.2%.