PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP KREATIFITAS BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH SISWA MI MIFTAHUL HUDA KEPUK KECAMATAN BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Main Author: | YATEMAN, YATEMAN |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1371/1/131310000210%20Yateman%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1371/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Yateman NIM. 131310000210. Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Kreatifitas Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa MI Miftahul Huda Kepuk Kecamatan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014. : Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama IslamUNISNU Jepara, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Menyelidiki bagaimana tingkat keharmonisan keluarga siswa MI Miftahul Huda Kepuk kecamatan Bangsri Jepara tahun pelajaran 2013/2014. 2). Memahami bagaimana tingkat kreatifitas belajar mata pelajaran Fiqih siswa MI Miftahul Huda Kepuk kecamatan Bangsri Jepara tahun pelajaran 2013/2014. 3). Menyelidiki adakah pengaruh yang positif dan signifikan antara keharmonisan keluarga terhadap kreatifitas belajar mata pelajaran Fiqih siswa MI Miftahul Huda Kepuk kecamatan Bangsri Jepara tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian lapangan (field resech) untuk memperoleh data di lapangan dengan menyelidiki pengaruh variable X terhadap Variabel Y. Pengambilan sampel dalam penelitian ini 30% dari populasi yang berjumlah 151 sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 45 siswa yang diambil dari kelas 1 sampai kelas 6. Dari analisis pengujian hipotesis menggunakan analisisis regresi dinyatakan bahwa : 1). Keharmonisan keluarga siswa MI Miftahul Huda Kepuk Kecamatan Bangsri Jepara tahun Pelajaran 2013/2014 termasuk dalam kategori cukup. Hal ini diketahui dari nilai rata-rata (mean) sebesar 62,49 yang masuk dalam interval 58-63 dengan kualifikasi cukup. 2). Kreatifitas belajar mata pelajaran fiqih siswa MI Miftahul Huda Kepuk Kecamatan Bangsri Jepara tahun Pelajaran 2013/2014 juga termasuk kategori cukup. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata 62,31 yaitu pada interval 60-64 dengan kualifikasi cukup. 3). Dari perhitungan analisis regresi satu prediktor, diperoleh F reg = 0,4859, sedangkan nilai pada tabel (ft) pada taraf signifikasi 5% 0,294, dan pada taraf signifikasi 1% diperoleh 0,380. Dengan demikiian F reg = 0,4859 > dari F tabel dan hasilnya signifikan. Adapun koefisien determinasinya adalah 0,2360 = 23,60%. Ini berarti bahwa sebesar 23,60% kreatifitas belajar mata pelajaran fiqih siswa MI Miftahul Huda Kepuk Kecamatan Bangsri Jepara tahun pelajaran 2013/2014 (Y) dapat dijelaskan oleh keharmonisan keluarga (X). Dan sebesar 76,40% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan kata lain bahwa hipotesis penulis tentanng pengaruh keharmonisan keluarga terhadap kreatifitas belajar mata pelajaran fiqih siswa MI Miftahul Huda Kepuk Kecamatan Bangsri Jepara tahun pelajaran 2013/2014 diterima. Kata Kunci : Keharmonisan keluarga mempengaruhi kreatifitas belajar mata pelajaran fiqih.