PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR KEDUNG MALANG KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | BARIK, ISMATUL |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1350/1/131310001355%20Ismatul%20Barik%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1350/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- ISMATUL BARIK (211408/131310001355). Dosen Pembimbing Drs. H Akhirin Ali, M. Ag. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Kontekstual di kelas VII SMP Islam Al-Azhar Kedung Malang Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016, Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam Jepara Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) pengertian Kontekstual 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dengan pendekatan kontekstual di kelas VII SMP Islam Al-Azhar Kedung Malang Tahun Pelajaran 2015/2016. 3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran PAI dengan pendekatan kontekstual di kels VII SMP Islam Al-Azhar Kedung Malang Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi, menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik Triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) pengertian, konsep dasar dan langkah pelaksanaan pembelajaran Kontekstual, 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dengan pendekatan kontekstual di kelas VII SMP Islam Al-Azhar Kedung Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kontekstual merupakan sebuah pendekatan dalam pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa melihat makna dalam bahan pelajaran yang mereka pelajari dengan cara menghubungkannya dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari, pengajaran lebih efektif, dan bermakna. Aplikasi Pendekatan Konekstual dalam pembelajaran PAI dilaksanakan dengan baik dengan menerapkan tujuh asas pendekatan Kontekstual. 3) faktor yang pendukung dan penghambat yang utama berasal dari siswa dan guru: adanya siswa yang tidak terlalu banyak, kesiapan guru, serta adanya semangat dari siswa dalam pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan. Sedangkan faktor penghambat: adanya sarana dan prasarana yang kurang memadai, serta minmnya alokasi waktu. Kemudian dari kajian dan temuan-temuan diatas, kiranya dapat dijadikan acuan untuk melaksanakan pembelajaran PAI dengan pendekatan Kontekstual. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan pemikiran, informasi, pengetahuan dan masukan bagi para praktisi pendidikan, mahasiswa, lembaga pendidikan dan seluruh pihak yang membutuhkannya di lingkungan Fakultas Tarbiyah UNISNU Jepara. Kata kunci : pelaksanaan, pembelajaran , pendekatan kotekstual.