PENERAPAN STRATEGI BELAJAR TUNTAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAKHASSUS AL QUR’AN SADAMIYYAH GUYANGAN BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: ASTUTIK, SRI
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1347/1/131310001217%20Sri%20Astutik%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1347/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • SRI ASTUTIK (131310001217). PENERAPAN STRATEGI BELAJAR TUNTAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAKHASSUS AL-QUR’AN SADAMIYYAH GUYANGAN BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016, Skripsi, Jepara: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam, UNISNU Jepara, 2015. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui kriteria belajar tuntas dalam mata pelajaran PAI di SMP Takhassus Al Qur’an Sadamiyyah Guyangan Bangsri Jepara tahun pelajaran 2015/2016, 2) Untuk mengetahui penerapan strategi belajar tuntas dalam mata pelajaran PAI di SMP Takhassus Al Qur’an Sadamiyyah Guyangan Bangsri Jepara tahun pelajaran 2015/2016. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh pada penerapan strategi belajar tuntas dalam mata pelajaran PAI di SMP Takhassus Al Qur’an Sadamiyyah Guyangan Bangsri Jepara tahun pelajaran 2015/2016 Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari analisa yang penulis lakukan, dapat disimpulkan hasil sebagai berikut: Kriteria belajar tuntas dalam mata pelajaran PAI di SMP Takhassus Al Qur’an Sadamiyyah Guyangan Bangsri Jepara tahun pelajaran 2015/2016 adalah nilai mencapai kriteria ketuntasan minimal, fashih membaca al-Qur’an dan hadits dan mampu mengartikannya, mampu dalam praktek ibadah dengan cara yang benar. Penerapan strategi belajar tuntas dalam mata pelajaran PAI di SMP Takhassus Al Qur’an Sadamiyyah Guyangan Bangsri Jepara tahun pelajaran 2015/2016 meliputi tiga tahapan yaitu: Tahap persiapan: guru menetapkan tujuan pelajaran yang harus dicapai dan kriteria ketuntasan minimal. Tahap pelaksanaan: guru melakukan pembelajaran dengan metode yang tepat, mengimplementasikan strategi PAIKEM, dan evaluasi. Tahap akhir: tindak lanjut bagi siswa yang belum tuntas dilakukan remedi dan pengayaan bagi yang tuntas. Faktor-faktor pendukung dan penghambat yang berpengaruh pada penerapan strategi belajar tuntas dalam mata pelajaran PAI di SMP Takhassus Al Qur’an Sadamiyyah Guyangan Bangsri Jepara tahun pelajaran 2015/2016 adalah: 1. Faktor pendukung meliputi: intak siswa, intelegensi, dan motivasi belajar siswa. 2. Faktor penghambat meliputi: kurangnya ketersediaan buku penunjang mata pelajaran PAI dan kurangnya sarana pembelajaran seperti: belum adanya proyektor. Kata Kunci : Strategi Belajar Tuntas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam