STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAQ ANTARA SISWA YANG TIDAK DAN YANG MENGGUNAKAN MEDIA INTERNET DI MTS NURUL ISLAM KRIYAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: WINDARTI, NUNUS RANU
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1336/1/131310000333%20Nunus%20Ranu%20Windarti%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1336/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Nunus Ranu Windarti (NIM 131310000333), Studi Komparasi Hasil Belajar Akidah Akhlaq Antara Siswa yang Tidak Dan yang Menggunakan Media Internet di MTs Nurul Islam Kriyan Tahun Pelajaran 2014/2015 : Progam Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam UNISNU Jepara, 2015 Internet sebagai salah satu hasil kemajuan teknologi, memiliki hubungan yang erat kaitannya dengan pendidikan. Internet merupakan sumber belajar yang kaya, menyediakan banyak sekali sumber, yang terdiri dari data, teks, audio, visual dan audio visual. Penelitian ini merupakan true experimental design yang diawali dengan menentukan sampel dari populasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 8 kelas yang terdiri dari 254 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 62 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling . diambil sebanyak 2 kelas sampel. Berdasarkan hasil random diperoleh 2 kelas yang akan digunakan yaitu kelas VIII A sebagai pembanding (X1) terdiri dari 31 siswa dan VIII B sebagai kelas perlakuan (X2) terdiri dari 31 siswa. Langkah selanjutnya dilakukan perlakuan terhadap sampel. X1 di beri tugas untuk mencari materi yang akan diajarkan lewat internet. Sedangkan X2 menggunakan media buku LKS sebagai sumber belajarnya.Setelah dilakukan perlakuan dilakukan pengukuran produk pembelajaran. Terdiri dari tiga nilai, yaitu nilai diskusi pertama, nilai diskusi ke dua dan nilai ulangan harian. Data yang terkumpul dimasukan dalam daftar tabel sederhana kemudian dianalisis menggunakan teknis analisis statistic komparasional. Rata – rata X1 adalah 78,2 dan rata – rata X2 70,4. Hasil uji hipotesis komparasi menunjukan nilai t test atau t hitung sebesar 5,9375 lebih besar dari t tabel pada taraf kesalahan 1% = 2,660 maupun pada taraf kesalahan 5 % = 2,000, berdasarkan analisis tersebut dapat diinterpresentasikan bahwa dalam penelitian ini benar-benar terdapat perbedaan antara hasil belajar akidah akhlaq siswa kelas VIII antara yang tidak dan yang menggunakan media internet di MTs Nurul Islam Kriyan Tahun Pelajaran 2014/2015. Simpulan dari penelitian yaitu pembelajaran dengan memanfaatkan media internet sebagai sumber belajar dapat berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan yaitu sebaiknya guru mampu menjadikan fasilitas yang ada sebagai media dan sumber belajar, agar mampu memaksimalkan proses belajar mengajar, sehingga haasil belajar siswa dapat ditingkatkan.