PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH (STUDI TENTANG METODE PEMBELAJARAN PAI) DI RA. AL-HIDAYAH LANGON TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | NA’IM, MAY JANNATUN |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1335/1/131310000310%20May%20Jannatun%20Na%27im%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1335/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- May Jannatun Na’im, NIM 13131000310. Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Pra Sekolah (Studi Tentang Metode Pembelajaran PAI) di RA.Al-Hidayah Langon Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegurun UNISNU Jepara Tahun 2015. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui secara mendalam mengenai Pendidikan Agama Islam yang diberikan kepada Anak Prasekolah. 2) Untuk mengetahui metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan pada anak prasekolah (RA.Al-Hidayah Langon Tahunan Jepara) Tahun pelajaran 2015/2016. 3) Untuk mengetahui secara mendalam tentang perkembangan keagamaan pada anak usia prasekolah Populasi dalam penelitian ini adalah pendidik atau Guru yang ada di RA.Al- Hidayah Langon Tahunan Jepara. Dalam pelaksanaan penelitiannya akan digunakan sampel dari keseluruhan populasi, hal ini dilakukan karena jumlah populasinya terbatas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini sebagian besar adalah mengunakan metode wawancara secara mendalam, hal ini dikarenakan penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif yang berobjek Guru di RA.Al-Hidayah Langon tersebut. Selain dengan wawancara secara mendalam, Observasi juga dilakukan dalam penelitian ini. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan Metode Deskriptif Analisa, dimana penulis akan memaparkan sesuai realita yang ada di lapangan mengenai tingkah laku keberagaman anak dan cara pembelajarannya. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, hasil penelitian ini dapat disimpulkan : 1) Pendidikan Agama Islam yang diberikan pada Anak Usia Prasekolah adalah berkisar pada materi-materi dasar Agama Islam, yang meliputi Materi tentang Tauhid, Materi tentang Praktik Ibadah, Materi tentang Akhlak, Materi tentang Hadist, Materi tentang do’a-do’a Harian, Materi tentang Pengenalan Huruf Hijaiyyah mulai dari ا sampai dengan ي 2) Metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan pada Anak Usia Prasekolah adalah diantaranya: Bercerita, Bermain, Pembiasaan dan Keteladanan, Berekreasi, Menyanyi dan Hukuman. 3) Perkembangan keagamaan pada anak usia prasekolah sejalan dengan sifat-sifat keagamaannya yang melekat pada diri mereka, antara lain adalah: Unreflective (tidak mendalam), egosentris, antromorphis, Rasa Heran, imitative, dan verbalis. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi RA.Al-Hidayah Langon sebagai tempat penelitian dan bagi semua pihak yang membutuhkan, terutama dilingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU jepara.