PERANAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA MATERI AL-QUR’AN HADITS DI MI. RAUDLATUT THALIBIN JAMBU SARI TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Author: FARRICHAH, LAILA NURUL
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1334/1/131310000296%20Laila%20Nurul%20Farrichah%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1334/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Laila Nurul Farrichah (NIM: 211068). Peranan strategi pembelajaran dalam meningkatkan daya ingat siswa pada materi al-Qur’an Hadits di MI. Raudlatut Thalibin Jambu Sari tahun ajaran 2014/2015: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam UNISNU Jepara, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk: 1.)Untuk menjelaskan peranan strategi pembelajaran siswa dalam pembelajaran materi al-Qur’an Hadits di MI. Raudlatut Thalibin Jambu Sari Tahun Ajaran 2014/2015. 2.) Untuk menjelaskan penerapan strategi pembelajaran dalam meningkatkan daya ingat siswa pada materi al-Qur’an Hadits di MI. Raudlatut Thalibin Jambu Sari tahun ajaran 2014/2015. 3.) Untuk mengetahui ada/tidaknya faktor yang mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran dalam materi Al-Qur’an Hadits di MI. Raudlatut Thalibin Jambu Sari Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dalam pengambilan datanya. Kemudian di analisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan pola piker induktif. Dengan tujuan untuk menggambarkan jawaban dari permasalahan yang telah di rumuskan sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) 1. Peranan strategi pembelajaran dalam pembelajaran al-Qur’an hadits adalah Strategi learning starts with a question, Strategi information search, Strategi resitasi, Strategi mengulang, strategi khusus yang di lakukan oleh para guru masing-masing memiliki strategi- strategi yang berbeda-beda dalam mengajar. (2) Penerapan Daya Ingat Siswa Siswa Pada Materi Al-Qur’an Hadits di MI. Raudlatut Thalibin Jambu Sari adalah 1. Memberikan tugas menghafal, 2. Membantu peserta didik mengeja dan membaca, (3) Faktor yang Mempengaruhi Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Al-Qur’an Hadits adalah 1. Faktor Pendukung, diantaranya adalah a. Dukungan dari lembaga sekolah, b. Dimasukkannya mata pelajaran BTA (baca tulis al-Qur’an ) kelas VI, c. Sebagai guru ngaji di lingkungannya. 2.Faktor Penghambat, diantaranya adalah a. Terbatasnya waktu pembinaan yang di lakukan guru al-Qur’an Hadits di sekolah, b.Semangat mengajar guru masih kurang optimal, c.Kurangnya dukungan dari orang tua peserta didik. Tiga unsur yang berpengaruh dalam strategi pembelajaran adalah guru, peserta didik dan lingkungan. Dengan kata lain bahwa hipotesis penulis terdapat perana strategi pembelajaran dalam meningkatkan daya ingat siswa pada materi Al-Qur’an Hadits di MI. Raudlatut Thalibin Jambu Sari Tahun Ajaran 2014/2015 diterima.