PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP PERHATIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS ZUMROTUL WILDAN NGABUL TAHUNAN JEPARA DAN MTS MIFTAHUL HUDA NGASEM BATEALIT JEPARATAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | BAEDLOWI, AHMAD |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1325/1/131310000243%20Ahmad%20Baedlowi%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1325/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Ahmad Baedlowi (NIM: 131310000243) Pengaruh Penggunaan Media Audio- Visual Terhadap Perhatian Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs.Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jeparadan Mts Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata kunci: Media audio-visual, perhatian belajar Penelitian yang bersifat kuantitatif ini bertujuan untuk: 1. mengetahui Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam Kelas VIII MTs Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara dan MTs Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. 2. Untuk mengetahui tingkat Perhatian belajar Siswa terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam Kelas VIII MTs Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara dan MTs Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. 3. Untuk mengetahui pengaruh media audio-visual terhadap perhatian belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam pada siswa Kelas VIII MTs Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara dan MTs Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode field research dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian siswa MTs. Miftahul Huda Ngabul Tahunan Jepara ini sebanyak 30 orang dan siswa MTs. Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara sebanyak 35 responden, dengan menggunakan teknik sampel random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara. Data penelitian yang terkumpul, kemudian dianalisis denagan teknik analisis statistic kuantitatif. Dari hasil analisis kuantitatif hasilnya sebagai berikut” 1. Hasilangket media audio visual (X) di MTs. Umrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara dan MTs. Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016, adalah sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dari mean (rata-rata) hasil jawaban angket dari para responden yaitu 67,461 yang berarti pada kategori sangat baik, karena berada pada nilai interval yang berjarak 66-80. 2. Hasil angket Perhatian belajar (Y) di MTs. Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jeparadan MTs. Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016, adalah cukup baik. Hal ini dapat dibuktikandaria mean (rata-rata) hasil jawaban angket dari para responden yaitu 65,492 yang berarti pada kategori baik, karena berada pada nilai interval yang berjarak 51-65. Penggunaan media audio-visual mempunyai pengaruh yang positif terhadap perhatian belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis regresi dan korelasi menunjukkan signifikan baik pada taraf 5% ataupun 1%. Dimana besarnya F reg =24,31, sedangkan F tabel 5% = 7,08 dan 1% = 3,99, sehingga F reg lebih besar dari F tabel yang berarti signifikan. Kemudian ditemukan r determinasi 27,7%, yang berarti variabel X (penggunaan media audio-visual) berpengaruh 27,7% terhadap variabel Y (perhatian belajar) belajar siswakelas VIII pada mata pelajaran sejarahk ebudayaan Islam kelas VIII MTs. Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara dan MTs. Miftahul Huda Ngasem Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016.