STUDI ANALISIS TENTANG KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI AQIDAH AKHLAK BAGI SISWA KELAS V MI DARUL ULUM SRIKANDANG TAHUN AJARAN 2014/2015
Main Author: | SA’RONI, SA’RONI |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1323/1/141310003216%20Sa%27roni%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1323/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Sa’roni (NIM. 141310003216), Studi Analisis Tentang Kemampuan Memahami Materi Aqidah Akhlak Bagi Siswa Kelas V MI Darul Ulum Srikandang Tahun Ajaran 2014/2015 Latar belakang penelitian ini adalah Dalam kehidupan sehari-hari akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam bertingkah laku. Dengan akhlak yang baik seseorang tidak akan terpengaruh pada hal-hal negatif. Dalam agama Islam telah diajarkan kepada semua pemeluknya agar dirinya menjadi manusia yang berguna bagi dirinya serta berguna bagi orang lain. Adapaun tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui konsep pemberian materi pelajaran aqidah akhlak kepada siswa MI Darul Ulum Srikandang. Serta untuk mengetahui materi pelajaran aqidah akhlak sudah sesuai dengan pendidikan yang berkarakter. Pendekatan Penelitian ini menggunakan Penelitian Metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematik dan akurat fakta dan karakteristik mengenai populasi atau mengenai bidang tertentu. Penelitian ini berusaha menggambarkan situasi atau kejadian. Sedangkan penelitian kualitatif adalah untuk permintaan informasi yang bersifat menerangkan dalam uraian, maka data tersebut tidak dapat diwujudkan dalam bentuk angka-angka, melainkan bentuk suatu penjelasan yang menggambakan keadaan proses, peristiwa tertentu, dimana Subjek Penelitian ini adalah Siswa Kelas V MI Darul Ulum Srikandang Tahun Ajaran 2014/2015. Hasil pembahasan: Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Dari hasil penelitian yang dilakukan menjelaskan bahwa konsep pemberian materi pelajaran aqidah akhlak kepada siswa kelas V di MI Darul Ulum Srikandang sesuai dengan kurikulum atau standar kopetensi yang ditetapkan serta pembelajaran sesuai dengan pedoman pembelajaran yang berdasarkan kompetensi dasar, indikator pembelajaran serta bahan ajar. Serta kemampuan siswa kelas V MI Darul Ulum Srikandang memahami materi aqidah akhlak tergolong baik karena hal ini terbukti dalam hasil nilai kriteria ketuntasan minimum belajar dimana siswa kelas V MI Darul Ulum Srikandang yang mengikuti remedial hanya 2 siswa. Kata kunci:Pembelajaran, kemampuan siswa, Aqidah Akhlak