PENGEMBANGAN RELIGIUSITAS MELALUI METODE PEMBIASAAN DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS V MI MATHOLI'UL HUDA 01 TROSO PECANGAAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: NAFIAH, SRI
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1318/1/131310001370%20Sri%20Nafi%27ah%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1318/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang penelitian adalah Fonomena yang terjadi di MI Matholi’ul Huda 01 Troso Pecangaan Jepara menunjukan bahwa sebagian siswa kurang dapat mengendalikan diri ketika mereka bergaul dengan teman, kurang dapat dipercaya ketika diberi amanat, kurang dapat berempati dan bersosialisasi dengan teman sebaya. Hal tersebut dikarenakan mereka kurang mengamalkan apa yang telah diajarkan oleh guru Aqidah Akhlak, dalam hal ini peran guru Aqidah Akhlak sangat dibutuhkan dalam memberikan bimbingan dan arahan pada siswa. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Didik di Kelas V MI Matholi’ul Huda 01 Troso Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 ?. Apasaja Hambatan yang Dihadapi dan solusi pemecahannya dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Spiritual Anak Didik di Kelas V MI. Matholiul Huda 01 Troso Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015?. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), yang pada hakekatnya untuk mempelajarisecara intensif tentang tentang latar belakang keadaan sekarang, dan interaksi lingkungan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang pada hakekatnya data hasil peneltian lebih berkenaan dengan interprestasi terhadap data yang ditemukan di lapangan. Dari pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut : Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Perkembangan Kecerdasan emosional di MI. Matholiul Huda 01 Troso Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah meliputi pembinaan kesadaran diri dengan langkah pembinaan kesadaran diri, pembinaan pengaturan diri, pembinaan motivasi, pembinaan berempati dan pembinaan ketrampilan social. Hambatan yang Dihadapi dan solusi pemecahannya dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Spiritual Anak Didik di Kelas V MI. Matholiul Huda 01 Troso Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah terbatasnya waktu pertemuan, tuntutan nilai yang menjadi patokan dalam nilai Raport, sebagai guru pendidikan umum menyampaikan dari segi intlektualitas, kecerdasan spiritual yang tidak permanen dan tidak ada penilaian tertulis secara langsung. Sebagai solusi pemecahannya adalah guru melakukan kegiatan ekstra kurikuler diluar jam belajar sekolah, melakukan remedial, guru memberikan surai tauladan yang baik dengan memberikan perhatian dan bimbingan dan mencatat perilaku siswa dalam buku anekdot. Kata Kunci : Religiusitas dan Metode Pembiasaan