UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQH PADA MATERI POKOK SHALAT FARDLU MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE (STUDI TINDAKAN PADA KELAS VII B MTS MAFATIHUT THULLAB SURODADI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 )
Main Author: | ZAHRO’, LINATI |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1317/1/131310001357%20Linati%20Zahro%27%20%28blm%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1317/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- LINATI ZAHRO’ (NIM : 131310001357 ). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqh Pada Materi Pokok Shalat Fardlu Melalui Metode Everyone Is a Teacher Here (Studi Tindakan pada Kelas VII.B Mts Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara tahun pelajaran 2015/2016) Pembimbing Drs.Abdul Rozaq Alkam M.Ag Yang menjadi rumusan masalah adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Every one is a teacher here sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII.B MTs Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara mata pelajaran fiqh pada Materi Pokok shalat fardlu Tahun pelajaran 2015/2016 ? 2) Apakah penerapan metode Everyone is a teacher here dapat meningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqh pada materi pokok Shalat fardlu siswa Kelas VII. B MTs Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara Tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menerapkan metode everyone is a teacher here di MTs Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara mata pelajaran fiqh Kelas VII.B pada materi pokok shalat fardlu 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di MTs Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara mata pelajaran fiqh Kelas VII.B pada materi pokok shalat fardlu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research/CAR) yang mencermati terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Tindakan tersebut diberikan oleh guru atau dengan arahan dari guru yang dilakukan oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang di laksanankan di kelas VII B MTs Mafatihut Thullab dapat di tarik kesimpulan: 1) Penerapan metode Everyone is a teacher here sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII.B MTs Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara mata pelajaran fiqh pada Materi Pokok shalat fardlu secara keseluruhan pelaksanaan tindakan sesuai dengan rencana yang telah di susun dan di lakukan refleksi pada setiap siklusnya, penerapan metode every one is a teacher here telah berjalan dan berhasil dengan baik yang ditempuh dengan dua siklus. 2) Peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran fiqh setelah menggunakan metode everyone is a teacher here yaitu ada peningkatan hasil belajar, Sebelum menggunakan metode every one is a teacher here nilai siswa di bawah KKM Setelah menggunakan metode every one is a teacher here hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar dan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan hasil yang diperoleh dari pelaksanaan tindakan mulai dari pelaksanaan prasiklus, siklus I, dan siklus II terdapat hasil yang positif dari setiap siklusnya. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai rata-rata lembar observasi yang diprosentasekan pada setiap siklusnya. Pada langkah prasiklus jumlah nilai yang diperoleh adalah 2360 dengan hasil nilai rata-rata 69,17 pesrta didik yang tuntas dalam hsil belajarnya hanya 16, dengan prosentase 47,05%, dari hasil pengamatan membuktikan bahwa masih banyak siswa yang nilainya di bawah KKM dalam pembelajaran fiqh khususnya materi pokok sebelum shalat fardlu dengan kategori nilai masih rendah, karena nilai yang diperoleh dalam pengamatan masih dibawah KKM. Karena nilai yang diperoleh tergolong rendah, oleh karena itu perlu dilaksanakan langkah berikutnya,pemberian metode every one is a teacher here agar hasil yang dicapai dapat maksimal. Langkah selanjutnya adalah siklus I dengan jumlah nilai 2483, dengan hasil nilai rata-rata 73 jumlah pesrta didik yang tuntas 23 dengan hasil prosentasenya 67,64%, dari hasil pengamatan membuktikan bahwa hasil belajar siswa sudah meningkat namun belum menunjukkan hasil secara penuh, dan nilai yang diperoleh masih dibawah KKM . Karena hasil yang diperoleh masih belum maksimal maka perlu dilaksanakannya kembali langkah berikutnya, agar hasil yang dicapai dapat maksimal. Selanjutnya langkah siklus II dengan jumlah nilai 2555, dan hasil nilai rata-rata 75,20 jumlah peserta didik yang tuntas adalah 31 dengan prosentase ketuntasan 91,17%, Dari hasil pengamatan pelaksanaan siklus II membuktikan bahwa hasil belajar siswa sudah meningakat sudah tampak bila mereka aktif dalam belajarnya dan nilai yang diperoleh sudah di atas kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditentukan. Karena hasil yang diperoleh sudah cukup memuaskan maka pelaksanaan penelitian tindakan dihentikan, cukup sampai pada siklus II Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran serta meningkatnya hasil belajar peserta didik mata pelajaran fiqh pada materi shalat fardlu. Kata kunci : everyone is a teacher here