PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs ISLAMIYAH MOJO CLUWAK PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: INDRIYATI, LIA
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1315/1/131310001316%20Lia%20Indriyati%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1315/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Lia Indriyati. 131310001316. Dosen Pembimbing Drs.Maswan,MM Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdhatul Ulama’ ( UNISNU ) Jepara. Kemajuan yang dicapai manusia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi membuat pengetahuan dan teknologi itu sendiri berkembang semakin pesat. Pola hidup manusia dengan kemajuan teknologi mempunyai hubungan erat, pendidikan adalah wadah yang paling menonjol dalam rangka kemajuan itu. Dalam pembelajaran, ada beberapa media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu salah satunya adalah menggunakan media audio visual, karena media audio visual dapat menyampaikan pengertian atau informasi dengan cara yang lebih konkrit atau lebih nyata daripada yang dapat disampaikan oleh kata-kata yang diucapkan. Dengan melihat sekaligus mendengar, orang yang menerima pelajaran dapat lebih mudah dan lebih cepat mengerti. Proses pembelajaran saat ini sebatas sebagai proses penyampaian ”pengetahuan tentang materi Fiqih”. Mayoritas metode pembelajaran fiqih yang selama ini masih ditekankan pada hafalan, dan ceramah, penyampaian materi ini kurang variatif, tidak menggunakan media audio visual, akibatnya siswa kurang memahami manfaat apa yang telah dipelajarinya. Penelitian ini mendiskripsikan tentang penggunaan media audio visual dalam meningkatkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Islamiyah Mojo. Dengan rumusan masalah yang peneliti gunakan adalah bagaimana proses penggunaan media audio visual dan bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan media audio visual pada mata pelajaran fiqih di MTs Islamiyah Mojo, yang bertujuan untuk mengetahui tujuan guru menggunakan media audio visual, materi yang menggunakan media audio visual, proses penggunaan media audio visual dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media audio visual pada mata pelajaran fiqih di MTs Islamiyah Mojo. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dekomentasi. Analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari interview dari pihak-pihak yang terkait. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: proses penggunaan media audio visual yaitu waktu yang digunakan harus terjadwal, supaya proses belajar mengajar menjadi baik dan efektif. Sebelum menggunakan media audio visual, guru harus mempunyai langkah persiapan, pelaksanaan, kegiatan lanjutan, serta adanya sarana prasarana yang mendukung dalam pembelajaran seperti, televisi,video, komputer, dan LCD dan adanya Lab 3 bahasa, sehingga menjadikan siswa lebih tanggap, pintar, cermat dalam menggunakan teknologi. Adapun yang menjadi hambatan dalam proses penggunaan media audio visual ialah kurangnya fasilitas (minim), keterlambatan siswa, keterbatasan waktu, dan kebanyakan guru menggunakan metode yang lama seperti ceramah, sehingga pembelajaran yang dilakukan guru cenderung menonton dan membosankan, kondisi ini terdampak terhadap belajar siswa. Setelah menggunakan media audio visual hasil yang diperoleh siswa lebih baik dibandingkan tidak menggunakan media audio visual,rata-rata siswa mendapat nilai 70-80 dengan catatan ketegori ”baik”. Jadi, menggunakan media audio visual sudah mencapai keberhasilan bagi guru dan siswa, sebab media audio visual bermanfaat bagi guru dan siswa pada proses belajar mengajar. Saran yang ditawarkan peneliti tentang penggunaan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih adalah harus di adakan pelatihan bagi guru yang belum bisa menggunakan teknologi, sehingga menjadikan guru yang berkualitas dan perlu ditambahkan sarana prasarana. Untuk itu lembaga pendidikan diharapkan memfasilitasi kebutuhan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Kata kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fiqih