PERANAN GURU TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI TPQ DARUL MU’MININ DESA TAHUNAN KECAMATAN TAHUNAN KABUPATEN JEPARA
Main Author: | KHOIRUDDIN, AHMAD |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1309/1/131310001952%20Ahmad%20Khoiruddin%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1309/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Ahmad Khoiruddin (NIM : 229008). Peranan Taman Pendidikan Al- Qur’an (TPQ) Darul Mu’minin Desa Tahunan Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara Dalam Pembinaan Akhlak Anak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara 2015. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui Peranan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dalam membina akhlak anak di TPQ Darul Mu’minin Desa Tahunan 2) Untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat pembinaan akhlak anak di TPQ Darul Mu’minin Desa Tahunan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Analisis Deskriptif, yaitu menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data utama yang dimaksudkan untuk menggali teori-teori dasar dan konsep-konsep yang telah ditemukan oleh para ahli terdahulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan analisis, Yaitu pendekatan yang berusaha memahami gagasan, cara pandang, cara pengarang menampilkan gagasan atau mengimajinasikan ide-idenya, sikap pengarang dalam menampilkan gagasan-gagasannya. Untuk pengumpulan data, Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara yaitu menghimpun bahan keterangan yang dilaksanakan dengan melakukan tanya jawab secara sepihak berhadapan muka dan dengan arah serta tujuan yang telah ditentukan. Untuk menganalisis, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data yang diwujudkan bukan dalam bentuk angka melainkan bentuk laporan dan uraian deskriptif. Dalam hasil penelitian ini, penulis menemukan pentingnya peran seorang guru TPQ dalam pembinaan akhlak anak, kemudian penulis juga menemukan berbagai macam masalah di masyarakat Tahunan yang menjadi problem dalam pembinaan akhlak anak di TPQ. Disini juga penulis menemukan beberapa solusi dalam menangani berbagai maslah tersebut. Dari hasil analisis penulis, guru tidak hanya sekedar mengajari anak untuk pandai membaca Al-Qur’an beserta tajwidnya, namun juga secara tidak langsung membentuk karakter siswa yang Islami. Penulis juga menemukan guru TPQ juga mampu mengaplikasikan beberapa metode dalam pembelajaran seperti metode ;klasikal, individu/sorogan, dan qur’ani nabawi. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para siswa, para tenaga pengajar, para ahli, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara.