PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN AKTIVITAS BELAJAR DI KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA MI MIFTAHUL HUDA WATUAJI 02 KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: ZUMROTUN, ZUMROTUN
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1308/1/131310001452%20Zumrotun%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1308/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • ZUMROTUN (NIM. 131310001452), Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Aktivitas Belajar di Kelas terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa MI Miftahul Huda Watuaji 02 Keling Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jepara: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara, 2015. Kata Kunci: pola asuh orang tua, aktivitas belajar di kelas dan prestasi belajar Aqidah Akhlak. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan pola asuh orang tua pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa MI Miftahul Huda Watuaji 02 Keling Jepara tahun pelajaran 2014/2015.(2) Menjelaskan aktivitas belajar di kelas pada mata pelajaran aqidah akhlak siswa MI Miftahul Huda Watuaji 02 Keling Jepara tahun pelajaran 2014/2015. (3) Menguraikan prestasi belajar aqidah akhlak siswa MI Miftahul Huda Watuaji 02 Keling Jepara tahun pelajaran 2014/2015. (4) Mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan aktivitas belajar di kelas terhadap prestasi belajar aqidah akhlak siswa MI Miftahul Huda Watuaji 02 Keling Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Judul penelitian ini terdiri atas 3 (tiga) variabel yaitu pola asuh orang tua sebagai variabel bebas pertama (atau variabel X1), aktivitas belajar di kelas sebagai variabel bebas kedua (variabel X2) dan prestasi belajar Aqidah Akhlak sebagai variabel terikat (variabel Y). Pengumpulan data menggunakan teknik angket, observasi, dokumentasi dan tes. Angket untuk mengumpulkan data pola asuh orang tua, observasi untuk mengumpulkan data aktivitas belajar di kelas, sedangkan tes untuk mengumpulkan data prestasi belajar. Populasinya adalah siswa kelas III, IV dan V MI Miftahul Huda Watuaji 02 tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 26 orang, karena populasi sedikit semuanya dijadikan responden. Analisis data mengunakan teknik statistik dengan rumus regresi ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1). Pola asuh orang tua siswa MI Miftahul Huda Watuaji 02 Keling Jepara tahun pelajaran 2014/2015 adalah baik. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata skor hasil angket para responden sebesar 52,04. Di mana angka tersebut berada pada nilai interval yang berjarak 52 – 63 yang berarti berkategori baik. (2) Aktivitas belajar di kelas pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa MI Miftahul Huda Watuaji 02 Keling Jepara tahun pelajaran 2014/2015 kategorinya adalah baik. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata skor hasil observasi aktivitas belajar siswa di kelas pada pembelajaran Aqidah sebesar 37,27. Di mana angka tersebut berada pada nilai interval yang berjarak antara 35 – 42 yang berarti berkategori baik. (3) Prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa MI Miftahul Huda Watuaji 02 Keling Jepara tahun pelajaran 2014/2015 kategorinya adalah baik. Hal ini ditunjukkan dari skor rata-rata hasil tes yang diujikan kepada responden dan nilai harian sebesar 76,02. Angka ini berada pada nilai interval berjarak 70 – 79 yang berarti berkategori baik. (4) Ada pengaruh positif yang signifikan pola asuh orang tua dan aktivitas belajar di kelas terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa MI Miftahul Huda Watuaji 02 Keling Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Hasil analisis dengan rumus regresi ganda menunjukkan taraf signifikansi 5% maupun 1%. Di mana Freg yaitu 11,34 kemudian dibandingkan dengan Ftabel dengan df = 2 : 23, pada taraf signifikansi 1% = 5,66 dan 5% = 3,42. Jadi Freg > F tabel. Selain itu ditemukan pula Rdeterminasi sebesar 35%, sehingga dapat dikatakan pola asuh dan aktivitas belajar di kelas berpengaruh positif sebesar 35% terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak.