PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERFORMANCE GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII MTs AL HIDAYAH GETASSRABI GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: SAID, NUR
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1304/1/131310001130%20Nur%20Said%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1304/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Nur Sa’id (NIM : 210442),“Pengaruh Persepsi Siswa tentang Performance Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2014 / 2015 : Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam UNISNU Jepara 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bagaimana performance yang ditampilkan guru mata pelajaran fiqih dalam proses pembelajaran di kelas VIII MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus Tahun Ajaran 2014/2015, 2) bagaimana motivasi siswa dalam proses pembelajaran mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. 3) bagaimana pengaruh performance/ perilaku yang di tampilkan guru mata pelajaran fiqih dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus Tahun Ajaran 2014 / 2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research), yaitu pengumpulan data yang dilakukan langsung di kancah atau medan terjadinya gejala. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan kuesioner/angket dan observasi dengan menggunakan teknik sampling. Berdasarkan dari cara menjawab responden, kuesioner yang penulis gunakan adalah kuesioner tertutup yang sudah disediakan jawabannya sehingga responden tinggal memilih. Dipandang dari jawaban yang diberikan, penulismenggunakan kuesioner jenis langsung dan jenis tidak langsung sekaligus.Kuesioner langsung karena siswa menjawab tentang dirinya sendiri. Kuesioner tak langsung karena siswa menjawab tentang orang lain, yakni gurunya. Dilihat dari sisi bentuk kuesioner yang penulis gunakan adalah kuesioner bentuk pilihan ganda Dari hasil penelitian dapatdisimpulkan terdapat pengaruh signifikan dalam proses pembelajaran mata pelajaran fiqih antara performance guru dengan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, sehingga hipotesis yang ada pada bab II diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa nilai r observasi (0,734) lebih dari nilai r tabel, baik pada taraf signifikansi 5% (0,304) maupun taraf signifikan 1% (0.393). Sedangkan nilai koefisien determinasi (variabel penentu) variabel X terhadap variabel Y sebesar 53,9% atau masuk pada interval 0,40 – 0,59 dan dikategorikan sedang. Dengan demikian motivasi belajar siswa kelas VIII MTs NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015 sebagiannya ditentukan oleh performance guru dalam proses pembelajaran Kata Kunci : Pengaruh, Persepsi siswa, Performance Guru, Motivasi Belajar