PERAN GURU AQIDAH AKHLAQ DALAM UPAYA PEMBINAAN MORALITAS SISWA DI MA NU RADEN UMAR SA’ID COLO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | ARIFIN, NOOR |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1303/1/131310001123%20Noor%20Arifin%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1303/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Noor Arifin (131310001123). Peran Guru Aqidah Akhlaq Dalam Upaya Pembinaan Moralitas Siswa Di MA NU Raden Umar Said Colo Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, Untuk mengetahui sejauh mana keadaan moralitas siswa di MA NU Raden Umar Said Colo Dawe Kudus. Kedua. Untuk mengetahui sejauh mana peranan seorang guru dalam pembinaan moralitas siswa di MA NU Raden Umar Said Colo Dawe Kudus Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah, sebagai berikut: Pertama, Bagaimana keadaan moralitas siswa MA NU Raden Umar Said Colo Dawe Kudus. Kedua, Bagaimana peranan guru Aqidah Akhlaq dalam upaya pembinaan moralitas siswa di MA NU Raden Umar Said Colo Dawe Kudus. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif, penelitian yang bersifat atau memiliki karakteristik, bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sebenarnya atau sebagaimana adanya (natural setting) dengan tidak merubah dalam bentuk simbol-simbol atau bilangan, dengan menggunakan berbagai macam metode pengalian data, diantaranya adalah dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian dapatlah diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut. 1). Keadaan moralitas siswa di MA NU Raden Umar Sa’id Colo Dawe Kudus, terbagi menjadi dua kategori (baik dan buruk). Mayoritas siswa berkelakuan baik, hal ini dapat dilihat dalam pergaulan siswa sehari-hari baik dengan teman- temannya, para guru, maupun orang lain. 2). Para guru dengan segala peranannya, mempunyai andil yang besar dalam perubahan dan pembentukan moral/perilaku/akhlak siswa, guru disini bertugas mendidik, membimbing, menasehati siswa dengan penuh kesabaran dan keikhlasan untuk menuju ke jalan yang baik . Siswa yang mulanya berperilaku buruk dengan adanya pembinaan secara bertahap akan menjadi baik, karena guru sebagai " Uswah hasanah ", mulai dari perkataan, perbuatan, penampilan. Kata Kunci Pendidikan Aqidah Akhlak dan Moral Siswa.