IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF PADAMATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTs.NURUL ULUM WELAHAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Main Author: KASIYATI, NINING
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1302/1/131310001121%20NINING%20KASIYATI%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1302/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • NINING KASIYATI,2015.Pembelajaran Partisipatif pada Mata Pelajaran Al – Qur’an Hadits di MTs.Nurul Ulum Welahan Jepara 2014/2015: Program Strata 1 JurusanPendidikan Agama Islam UNISNU Jepara. Kata Kunci: PembelajaranPartisipatifdan Al-Qur’an Hadits Mata Pelajaran Al – Qur’an Hadits di MTs.Nurul Ulum Welahan Jepara dan 2)Faktor – factor apa saja yang mendukung dan menghambat Implementasi Partisipatif pada Mata Pelajaran Al – Qur’an Hadits di MTs.Nurul Ulum Welahan Jepara. Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah: 1) Untuk mengetahui.Pembelajaran Partisipatif pada Mata Pelajaran Al – Qur’an Hadits di MTs.Nurul Ulum Welahan Jepara dan 2) Untuk mengetahui. Faktor – factor apa saja yang mendukung dan menghambat Implementasi Partisipatif pada Mata Pelajaran Al – Qur’an Hadits di MTs.Nurul Ulum Welahan Jepara. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif.Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 61. Metode pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode intervie. Kepada responden untuk mengetahui sejarah berdirinya MTs.Nurul Ulum Welahan Jepara, observasi, dokumentasi, yang mendukung penelitian, dananalisis data dengan menggunakan teknik triangulasi, dan verifikasi kelemahan dan keunggulan triangulasi. Dari pembahasan diatas penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut: (1) .Pembelajaran Partisipatif merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada keaktifan peserta didik dengan lingkungan sekitar dan (2) Faktor – faktor yang mendukung Pembelajaran Partisipatif pada Mata Pelajaran Al – Qur’an Hadits di MTs.Nurul Ulum Welahan Jepara, meliputi : Orang tuasiswa, Iklim social dan mencukupinya sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi : a) Latar belakang siswa yang berbeda b) Persiapan guru yang kurangmatang c) Alokasiwaktu yang kurang. Berdasarkan hasil penelitian ini di harapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasisdwa para tenaga pengajar mata kuliyah jurusan dan program studi di fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan UNISNU jepara terutema memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.