PENGARUH HASIL PEMBELAJARAN QIRA’ATI TERHADAP PRESTASI BACA TULIS AL QUR’AN DI KELAS III SD N 1 KAJEKSAN KOTA KUDUS TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | MASRUKHAN, MASRUKHAN |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1298/1/131310001098%20Masruhan%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1298/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Masrukhan (NIM : 210410) Pengaruh Hasil Pembelajaran Qira’ati Terhadap Prestasi Belajar Baca Tulis Al Qur’an (BTA) di SDN 1 Kajeksan Kota Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui Hasil Belajar Qira’ati di SD N 1 Kajeksan Kota Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. 2) Untuk mengetahui Hasil kemampuan baca tulis Al Qur’an di SD N 1 Kajeksan Kota Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Hasil Belajar Qira’ati terhadap hasil kemampuan baca tulis Al Quran di SD N 1 Kajeksan Kota Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode filed Research dengan tehnik korelasi sederhana. Subyek penelitian sebanyak 30 responden, menggunakan teknik populasi, pengumpulan data menggunakan metode kuasioner untuk memperoleh data penerapan model pembelajaran Qiro’ati dan nilai raport untuk prestasi belajar BTA. Instrumen- instrumen tersebut sebelum digunakan untuk memperoleh data yang obyektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reabilitas. Data penelitian yang telah terkumpul dengan menggunakan tehnik analisis statistic deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian Hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana. Dari hasil kuantitatif menunjukkan adanya hubungan yang positif antara penerapan pembelajaran Qiro’ati terhadap prestasi belajar BTA di SDN 1 Kajeksan Kota Kudus tahun pelajaran 2014/2015. Pada taraf signifikan 1 % untuk responden berjumlah N = 30 didapat pada tabel adalah 0,463, sedangkan ro = 0,937 yang berarti ro lebih besar dari r tabel (ro rt). Dengan demikian pada taraf signifikansi 1 % ada korelasi yang positif antara kedua variabel. Pada taraf signifikan 5 % untuk responden berjumlah N = 30 didapat pada tabel adalah 0,312, sedangkan ro = 0,937, yang berarti ro lebih besar dari r tabel (ro rt). Dengan demikian pada taraf signifikansi 5 % ada korelasi yang positif antara kedua variabel, kemudian dikonsultasikan dengan table koefisien korelasi termasuk dalam korelasi sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah Jurusan dan program studi di fakultas Tarbiyah UNISNU Jepara terutama memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai. Keywords Pengaruh, Pembelajaran Qira’ati , Prestasi Belajar Baca Tulis Al Qur’an