IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF, MENYENANGKAN (PAIKEM) MODEL INDEX CARD MATCH DAN CARD SORT PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII SEMESTER GENAP DI MTS ISMAILIYYAH NALUMSARI TAHUN 2014/2015

Main Author: IRSYAD, AHMAD MA’RUF
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1296/1/131310001072%20Ahmad%20Ma%27ruf%20Irsyad%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1296/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Ahmad Ma’ruf Irsyad (131310001072). Implementasi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan (PAIKEM) Model Index Card Match Dan Card Sort Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Semester Genap di MTs Ismailiyyah Nalumsari Tahun 2014/2015. PAIKEM adalah model pembelajaran yang lahir dari paradigma schooling menjadi learning, instructive menjadi fasilitative, government role menjadi community role, dan centralistic menjadi decentralistic. Menarik untuk diteliti adalah MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara yang sudah menerapkan PAIKEM dalam pembelajarannya. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana motivasi guru mata pelajaran fiqih kelas VII dalam menerapkan PAIKEM Model Index Card Match Dan Card Sort di MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara (2) Bagaimana penerapan PAIKEM Model Index Card Match Dan Card Sort dalam kegiatan pembelajaran fiqih kelas VII semester genap di MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara, dan (3) Faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan PAIKEM Model Index Card Match Dan Card Sort dalam kegiatan pembelajaran fiqih kelas VII semester genap di MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian ini meliputi tahap pralapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Analisa data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Motivasi guru dalam menerapkan PAIKEM Model Index Card Match Dan Card Sort yaitu, motivasi intrinsik yang berbeda-beda dan tergantung pada individu masing-masing, sedangkan motivasi ekstrinsiknya untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran dan mewujudkan long term memories pada siswa. Mereka juga memahami bahwa PAIKEM mempunyai arti penting, sehingga memprioritaskan PAIKEM dalam program pembelajaran, (2) Penerapan PAIKEM Model Index Card Match Dan Card Sort dalam pembelajaran meliputi (a) Metode yang digunakan guru berbeda, sesuai dengan kebutuhan dalam pembelajaran, (b) Selain menggunakan alat dan media yang sudah tersedia guru MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara juga berkreasi membuat alat dan media menggunakan barang bekas dan barang sederhana, (c) Sumber belajar yang digunakan selain dari buku juga berasal dari lingkungan sekitar, (d) Pengelolaan kelas yang dilakukan mencakup pengelolaan siswa dan pengelolaan sarana dan prasarana kelas, (e) Dalam pembelajaran guru berperan sebagai fasilitator dan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, (3) Faktor yang mempengaruhi penerapan PAIKEM Model Index Card Match Dan Card Sort meliputi (a) Faktor pendukung yaitu komitmen yang kuat, sikap kreatif guru, dan managerial kepala madrasah yang handal, (b) Faktor penghambat yaitu persepsi negatif guru terhadap PAIKEM, sarana dan prasarana yang kurang, dan jumlah jam mengajar guru yang banyak, (c) Cara mengatasi hambatan adalah memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran, melakukan pendampingan yang intensif, dan mencari dukungan dari stakeholder.