KONSEP AL-QUR’AN TENTANG BIRRUL WALIDAIN DAN IMPLEMENTASINYA PADA PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA (Kajian Tafsir Surat Al Isra’ Ayat 23-24)

Main Author: SYARIFUDDIN, MUHAMMAD
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1292/1/131310001009%20Muhammad%20Syarifuddin%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1292/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Muhammad Syarifuddin (NIM. 131310001009). Konsep Alqur’an tentang Birrul Walidain dan Implementasinya pada pendidikan Anak dalam Keluarga, (Kajian Tafsir surat al Isra’ ayat 23-24 (Studi Analisis) Skripsi. Jepara Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengetahui 1) konsep Al- Qur’an tentang birrul walidain, 2) implementasi birrul walidain pada pendidikan anak dalam keluarga dalam alqur’an surat AL Isra’ ayat 23-24. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (Library Research), yakni berusaha untuk menguak secara konsptual tentang biruul walidain dalam alqur’an surat AL Isra’ ayat 23-24. Sumber data dari penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu sumber data primer dan sumber data primer. Sumber data primer adalah data-data yang diperoleh melalui buku-buku, penafsiran ahli tafsir yang didukung dengan hadits- hadits yang relevan. Sedangkan data sekunder adalah data dari buku-buku lain yang masih behubungan dengan tema birrul walidain. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tahlili, yaitu metode yang menjelaskan ayat alqur’an dengan meneliti berbagai aspeknya dan menyikapi seluruh maksud yang dikandung dalam surat al Isra’ ayat 23-24 di samping menggunakan pemaknaan kontekstual. Pada bab dua penulis mencoba mengupas birrul walidain dalam surat al isra’ ayat 23-24 dengan merujukkan pada penafsirannya Al Razy, Al Maraghy, Al Syirbiny dll. Sedangkan pada bab tiga penulis membahas mengenai konsep birrul walidain dan pendidikan anak dalam keluarga, penulis mulai dengan pengertian pendidikan secara umum diiringi dengan pendidikan anak secara khusus. Pendidikan anak adalah proses mempersiapkan anak untuk menjalani dan mencapai tujuan hidup berdasarkan potensi diri anak dan dalam konteks masyarakatnya dengan menggunakan metode tertentu. Sedangkan periodesasi dalam pendidikan anak penulis batasi sejak dalam kandungan sampai usia remaja. Kemudian penulis akhiri dengan kisah-kisah tentang birrul walidain. Pada bab berikutnya, penulis membahas konsep birrul walidain, yang meliputi pemahaman penulis terhadap surat al isra’ ayat 23-24 yang bermakna dua sisi, yaitu peng-esa- an kepada Allah SWT dan hanya tunduk kepadanya serta ketaatan pada orang tua. Sub bab ini dilanjutkan dengan masalah penanaman makna kandungan ayat tersebut pada anak serta cara bebuat baik kepada orang tua Semoga hasil penelitian ini diharapka dapat menjadi sumbangan bagi khazanah ilmu pengetahuan dan bahan informasi serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan UNISNU Jepara.