IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA RAJEKWESI MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: FITRIYAH, FITRIYAH
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1289/1/131310000191%20Fitriyah%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1289/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Fitriyah, 2015. Implementasi Metode Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Rajekwesi Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara, Pembimbing: H. Nur Khoiri, M.Ag. Selama ini, metode pembelajaran Fiqih yang diterapkan masih mempertahankan cara-cara lama (tradisional) seperti ceramah, menghafal dan demonstrasi praktik-praktik ibadah. Memang ada beberapa metode yang digunakan oleh guru bidang studi fikih serta para guru bidang studi lainnya, namun, hal tersebut belum pernah diteliti oleh pihak manapun. Apalagi metode yang digunakan oleh MTs Nurul Huda Rajekwesi Mayong Jepara juga sedikit banyak masih sering mempertahankan metode pembelajaran ceramah yang sangat identik dengan metode pembelajaran tradisional. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui metode pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru fiqih kelas VIII di MTs Nurul Huda Rajekwesi Tahun Pelajaran 2014/2015, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran fiqih kelas VIII di MTs Nurul Huda Rajekwesi Tahun Pelajaran 2014/2015, dan 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode pembelajaran fiqih pada siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Rajekwesi Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang mempunyai karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya (natural setting), dengan tidak mengubah bentuk simbol atau angka dan bersifat deskriptif yang didasarkan pada pertanyaan bagaimana. Dan teknik pengolahan datanya adalah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa: 1) metode pembelajaran yang diimplementasikan pada bidang studi fiqih diantaranya metode ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, pemecahan masalah dan permainan. 2) Pelaksanaan metode pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru fiqih di MTs Nurul Huda Rajekwesi Mayong Jepara lebih didominasi oleh metode ceramah. Namun, metode tersebut dikembangkan dan digabungkan dengan metode yang lainnya, seperti: tanya jawab, resitasi, diskusi dan latihan. Dan 3) Faktor pendukungnya daintaranya Kepala MTs. yang mendukung implementasi metode pembelajaran, Jalinan hubungan yang baik diantara guru dan siswa, Guru bidang studi fiqih yang kreatif dan inovatif, Guru bidang studi lain yang ikut membantu implementasi metode pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain Alokasi waktu yang kurang sesuai, Kurangnya buku penunjang, Sarana dan prasarana yang kurang memadai, Minat dan motivasi siswa yang minus, Kurangnya dukungan dari keluarga, serta Beberapa kelemahan dari metode yang diimplementasikan. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Fiqih.