IMPLEMENTASI METODE THE POWER OF TWO DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI MABDAUL HUDA RAGUKLAMPITAN BATE ALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: ISDARIYATI, ISDARIYATI
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1288/1/131310000190%20Isdariyati%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1288/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Isdariyati, 2015. Implementasi Metode The Power Of Two Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Mabdaul Huda Raguklampitan Bate Alit Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara, Pembimbing Drs. H. Mahalli Djufri, M.Pd. Kata Kunci: The Power Of Two, Aqidah Akhlak, Motivasi Belajar. The Power of Two merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran Aqidah-Akhlak. Tipe The Power of Two (kekuatan dua kepala) merupakan aktivitas pembelajaran kooperatif yang memperkuat pentingnya hubungan yang sinergi yaitu bahwa dua kepala lebih baik dari hanya satu kepala. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana implementasi (perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi) metode The Power of Two dalam proses pembelajaran Aqidah-Akhlak di kelas IV MI Mabdaul Huda Raguklampitan Bate Alit Jepara tahun pelajaran 2013/2014? 2) Bagaimanakah motivasi belajar siswa kelas IV MI Mabdaul Huda Raguklampitan Bate Alit Jepara tahun pelajaran 2013/2014 dengan penerapan metode The Power of Two dalam pembelajaran Aqidah-Akhlak? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 4 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses implementasi metode the power of two untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dilakukan dengan prosedur penelitian tindakan kelas yang telah ditentukan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. 2) Motivasi belajar siswa dengan penerapan metode the power of two dibidang studi Aqidah-Akhlak mengalami peningkatan. Setiap belajar dan pembelajaran dimulai, siswa secara sendirinya langsung menyiapkan seluruh alat dan bahan ajar tanpa disuruh bahkan sebelum peneliti memberikan tugas terhadap siswa, siswa terlebih dahulu bertanya pada peneliti tugas-tugas yang akan dikerjakan oleh siswa.