KONSEP PENDIDIKAN INKLUSIF DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN SURAT AL-HUJURAT AYAT 11 DAN 13
Main Author: | QUDSIYAH, LAILATUL |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1280/1/131310000066%20Lailatul%20Qudsiyah%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1280/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Lailatul Qudsiyah (NIM: 131310000066). Konsep Pendidikan Inklusif dalam Prespektif Surat al-Hujurat Ayat 11 dan 13. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui konsep pendidikan inklusif dalam prespektif Islam. 2) Untuk mengetahui konsep pendidikan inklusif dalam al-Qur’an surat al-Hujurat ayat 11 dan 13. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didasarkan pada riset kepustakaan (library research), artinya mengumpulkan data yang diingkan dan relevan dengan masalah yang dikaji, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode tahlily ini digunakan untuk mengetahui kandungan ayat yang terkandung dalam surat al Hujarat 11 dan 13 secara sistematik sehingga akan diketahui konsep pendidikan inklusif dalam prespektif al qur’an surat al hujarat ayat 11 dan 13. Metode maudhu’i, yaitu dengan menghimpun ayat-ayat al-Qur’an yang membucarakan satu topik kemudian dikaji dari berbagai sudut pandang, kemudian dilanjutkan dengan pendekatan dokumentasi yaitu melalui metode dokumentasi ini akan diperoleh buku-buku yang memuat gambaran umum tentang konsep pendidikan inklusif dalam prespektif al-Qur’an surat al-Hujurat ayat 11 dan 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan inklusif adalah konsep pendidikan yang mempresentasikan keseluruhan aspek yang berkaitan dengan keterbukaan dalam menerima anak berkebutuhan khusus untuk memperoleh hak dasar mereka sebagai warga negara. Al-Qur’an surat al-Hujurat ayat 11 dan 13 merupakan dasar dari demokrasi yang mengatur hubungan antar sesama didalam agama islam. Serta memberikan penjelasan bahwa didalam Islam tidak diperbolehkannya mencela atupun menghina sesamanya, kemudian dalam ayat ini juga menyatakan bahwa adanya perbedaan di dunia ini adalah agar umat manusia saling mengenal. Allah tidak melihat seseorang dari fisik ataupun jabatannya, melainkan dari ketaqwaaannya. Pendidikan inklusif sendiri mempunyai tiga prinsip dasar; 1) Pendidikan inklusif membuka kesempatan bagi semua jenis siswa, 2) Pendidikan inklusif menghindari aspek negatif labelling, 3) Pendidikan inklusi selalu melakukan check dan balance. Yang berarti prinsip dasar tersebut sama dengan ajaran Islam dalam al-Qur’an surat al-Hujurat ayat 11 dan 13 untuk saling menyayangi terhadap makhluk Allah dan menjadikan perbedaan sebagai rahmat yang diberikan Allah kepada manusia.