PENGARUH DERAJAT KESERIUSAN DALAM PEMBELAJARAN DENGAN METODE AMTSILATI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN QIRAATUL QUTUB SISWA KELAS XI MA. MAFATIHUT THULLAB SURODADI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: ROSID, ABDUL
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1273/1/131310000004%20Abdul%20Rosid%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1273/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • ABDUL ROSID, (NIM 131310000004) Pengaruh Derajat Keseriusan Dalam Pembelajaran Dengan Metode Amtsilati Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Qiraatul Qutub Siswa Kelas XI MA. Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: Pengaruh Derajat Keseriusan Dalam Pembelajaran Dengan Metode Amtsilati terhadap Prestasi Belajar Tujuan pendidikan menjadi dasar dalam mendesain metode pembelajaran yang digunakan agar pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dapat optimal. Dalam hal meningkatkan pengetahuan siswa dalam membaca kitab kuning maka kehadiran metode amstilati diharapkan mampu menjawab dan memberi solusi alternatif bagi remaja (siswa/santri) yang sedang menekuni kitab salaf (kuning) agar lebih efektif dan efisien. Salah satu tolok ukur keberhasilan siswa dalam kegiatan belajar adalah prestasi belajar dan terbentuknya karakter yang islami. Prestasi belajar siswa baik, merupakan keberhasilan siswa dalam belajar, sedang prestasi belajar yang kurang merupakan kegagalan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Derajat Keseriusan Dalam Pembelajaran Dengan Metode Amtsilati Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Qiraatul Qutub Siswa Kelas XI MA. Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang meliputi: angket, observasi dan dokumentasi. Setelah diadakan pembahasan sebagaimana telah dikemukakan pada bab- bab terdahulu, maka dapat disimpulkan sebagai berikut 1) Bahwa derajat keseriusan dalam pembelajaran dengan metode amtsilati pada mata pelajaran Qiraatul Qutub Siswa Kelas XI MA. Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah 48,52. Berdasarkan interval nilai, maka diketahui bahwa Metode Amtsilati dapat diklasifikasikan pada kategori baik karena berada pada jarak interval antara 46-51 dengan demikian hipotesa alternatif yang diajukan diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan derajat keseriusan dalam pembelajaran dengan metode amtsilati terhadap prestasi belajar mata pelajaran qiraatul qutub siswa kelas XI MA. Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015; 2) bahwa prestasi belajar mata pelajaran qiraatul qutub siswa kelas XI MA. Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat diklasifikasikan pada kategori baik karena nilai rata-rata 204/25 = 8,16 yang berarti masuk kategori baik ; 3) Derajat keseriusan dalam pembelajaran dengan metode amtsilati rnempunyai hubungan yang positif dengan prestasi belajar mata pelajaran qiraatul qutub siswa kelas XI MA. Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal tersebut dapat dilihat dan hasil perhitungan yang dilakukan: Untuk taraf signifikansi 5% ro = 0,442 rt = 0,294, maka ro> rt yang berarti signifikan. Dengan demikian hipotesa alternatif yang diajukan diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan pengaruh derajat keseriusan dalam pembelajaran dengan metode amtsilati terhadap prestasi belajar mata pelajaran qiraatul qutub siswa kelas XI MA. Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015.