UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE (Studi Tindakan Pada Siswa Kelas VII A MTs Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015)
Main Author: | FARDIAN, DANANG |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1272/1/131310003010%20DANANG%20FARDIAN%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1272/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Danang Fardian (NIM : 131310003010). “Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Strategi Everyone Is a Teacher Here (Studi Tindakan Pada Siswa Kelas VII A MTs Matholi’ul Huda Troso Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015)” Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam UNISNU Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk : 1) Mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Matholi’ul Huda Troso. 2) Mengetahui langkah-langkah penerapan strategi Everyone Is a Teacher Here dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Matholi’ul Huda Troso. 3) Mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan strategi Everyone Is a Teacher Here di MTs Matholi’ul Huda Troso. Dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahpa pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi dan angket. Indikator keberhasilan dalam melaksanakan penelitian ini adalah apabila minat siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam mengalami peningkatan dari pra siklus sampai siklus yang terakhir. Dari hasil yang diperoleh, dalam penerapan strategi everyone is a teacher here terbukti dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII A MTs Matholi’ul Huda Troso. Peningkatan minat ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan minat pada kategori tinggi dari pra siklus 26%, siklus I 55% dan siklus II menjadi 67%. Sedangkan untuk kategori rendah mengalami penurunan dari pra siklus sebesar 74%, siklus I 45% dan siklus II menjadi 33%. Dengan demikian, penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII A MTs Matholi’ul Huda Troso Tahun Pelajaran 2014/2015.