HUBUNGAN KEAKTIFAN ORGANISASI IPNU-IPPNU DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ SISWA MTS. MATHOLI’UL HUDA DAMARWULAN KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | FUAD, ABU ROZIN |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1265/1/131310001892%20Abu%20Rozin%20Fuad%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1265/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini diadakan guna mengetahui apakah ada hubungan antara keaktifan siswa yang mengikuti orgasnisasi IPNU-IPPNU terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Mts Matholi’ul Huda Damarwulan Keling Jepara. Pertanyaan utama yang ingin dijawab pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana keaktifan siswa dalam oraganisasi IPNU-IPPNU ? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlaq di Mts. Matholi’ul Huda Damarwulan? Dan (3) Adakah hubungan keaktifan organisasi IPNU-IPPNU dengan prestasi belajar mata pelajara Aqidah Akhlaq siswa Mts. Matholi’ul Huda Damarwulan ? Untuk menjawab pertanyaan di atas maka peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancanngan studi korelasi serta menggunakan metode angket dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan Dalam Organisasi IPNU-IPPNU MTs. Matholi’ul Huda dalam kategori Cukup baik (2) prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq siswa Mts Matholi’ul Huda dapat dikatakan bahwa prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq Siswa MTs. Matholi’ul Huda Damarwulan Keling Jepara tergolong “cukup baik”, yaitu terletak pada interval 52,6 – 57,3. (3) hubungan positif antara Keaktifan Dalam Organisasi IPNU-IPPNU dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq Siswa MTs. Matholi’ul Huda Damarwulan Keling Jepara. adalah 0.0111 maka signifikan dan hipotesis diterima. Sedangkan pada uji F (df1 : df2 diketahui hasilnya Freg adalah 0.000000000244 sedangkan harga F pada tabel dinyatakan dengan F (df1: df2 ), dimana df1= K = 1 dan df2 =N – K – 1 = 21,sehingga untuk taraf signifikansi 5% ditulis F0,05 (1: 23) = 4,05 , sehingga apabila ,Freg > F0,05 (1:23), berarti signifikan atau hipotesa kerja diterima. , sehingga hipotesis dapat diterima.