KORELASI ANTARA PENGATURAN DIRI (SELF REGULATION) DENGAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA MTS. MIFTAHUL ULUM SEKURO MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: SUBKHAN, ARIS
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1262/1/131310001843%20Aris%20Subkhan%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1262/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Latar Belakang judul adalah Pengaturan diri merupakan salah satu dari kelima unsur kecerdasan emosi yang menekankan pada kemampuan mengontrol diri dari hambatan-hambatan emosional yang negative. Hambatan emosional negatif merupakan sisi kejiwaan manusia yang mempunyai kecenderungan memiliki reaksi tidak baik terhadap sesuatu hal. Hambatan emosional negatif ini terlihat dari perilaku temperamen, khianat, ceroboh, kolot atau kaku, minder dan pesimis Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana kemampuan pengaturan diri (Self Regulation) siswa MTs. Miftahul Ulum Sekuro Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015? Bagaimana hasil belajar Aqidah akhlak siswa MTs. Miftahul Ulum Sekuro Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 ?Adakah korelasi antara pengaturan diri (Self Regulation) dengan hasil belajar Aqidah akhlak siswa MTs. Miftahul Ulum Sekuro Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 ?. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode kuisioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Akidah Akhlak dan siswa Di Kelas VII MTs. Miftahul Ulum Sekuro Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014. Dari pembahasan teori yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut : Pengaturan Diri (Self Regulation) Siswa MTs. Miftahul Ulum Sekuro Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 setelah mengisi angket, hasil yang dicapai siswa dalam Pengaturan Diri (Self Regulation) Siswa rata-rata (Mean) adalah 72,4 yang masuk interval nilai antara (66 – 80) dengan katagori sangat baik. Hasil Belajar mata pelajaran Akidah Akhlak Siswa MTs. Miftahul Ulum Sekuro Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan interprestasi baik, yaitu dengan nilai rata-rata (mean) adalah 71,4 yang masuk pada interval nilai antara (70 – 79) yang berarti baik. Berdasarkan analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan, antara Hasil Belajar mata pelajaran Akidah Akhlak terhadapdengan Pengaturan Diri (Self Regulation) Siswa di MTs. Miftahul Ulum Sekuro Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Setelah dibuktikan melalui uji hipotesis menunjukkan adanya signifikansi, baik 5% maupun 1%. Taraf signifikan 1% diperoleh 0,306, sedangkan para taraf signifikansi 5% sebesar 0,235. Ternyata ro = 0,407 > rt. Dengan demikian hipotesa sebagaimana di atas dapat diterima kebenarannya. Kata Kunci : pengaturan diri (Self Regulation) dan Hasil Belajar