ANALISIS KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS AL-QUR’AN SURAT AL-ISRA’ AYAT 23-24 DAN SURAT LUQMAN AYAT 12-19
Main Author: | HUSEIN, M. JAMALUDIN |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1260/1/131310001781%20M.%20Jamaludin%20Husein%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1260/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Hal-hal sebagai pertanda dari adanya tindakan tidak berakhlak serta tidak berpendidikan yang justru dilakukan oleh insan-insan pendidikan kita telah banyak terjadi. Pada tingkatan sekolah, tindakan tidak terpuji itu terjadi mulai maraknya tawuran antar pelajar dan antar sekolah, praktik penyalahgunaan narkoba, tindakan asusila seperti pelecehan seksual dan semacamnya, praktik penipuan dan pembocoran lembar jawaban oleh oknum pendidik, hingga tindakan kekerasan terhadap anak didik. Sedangkan pada tingkatan yang lebih luas, praktik korupsi, kolusi dan nepotisme juga menjadi nilai negatif bagi dunia pendidikan. Bahkan tindakan pesimis yang gampang sekali dilakukan oleh masyarakat dengan begitu banyaknya tindakan-tindakan tidak terpuji pembunuhan, pemerkosaan, pencurian, hingga aksi-aksi premanisme dianggap sebagai kurang maksimalnya praktik pendidikan di negeri ini. Karena itu, segala tindakan yang terjadi ditengah masyarakat itu akan berbanding lurus dengan kondisi pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya relevansi yang erat antara konsep pendidikan akhlak dengan pembentukan karakter yang terletak pada bagaimana mensinergikan antara posisi dasar yang memang sudah given tersebut dengan pembentukan dari luar tersebut sehingga akan menyempurnakan potensi yang sudah ada. Relevansi ini kemudian mengerucut pada satu kata, yakni nilai. Nilai inilah yang menjadi motor penggerak, sebab nilai adalah kekuatan penggerak perubahan sejarah. Penelitian ini menemukan bahwa konsep pendidikan akhlak mendukung pembentukan karakter peserta didik. Dalam hal ini, kajian pada konsep pendidikan akhlak dalam Al-Qur’an Surat Al-Isra’ ayat 23-24 dan Luqman ayat 12-19 yang mendukung pembentukan karakter ialah pendidikan akhlak yang berorientasikan pada peserta didik supaya ia mengalami proses transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi (proses pengorganisasian dan pembiasaan nilai-nilai kebaikan menjadi kepercayaan/ keimanan yang mempribadi). Dengan demikian, konsep pendidikan akhlak yang bisa mendukung pembentukan karakter adalah berbagai nilai atau sikap yang terdiri dari sikap keteladanan, penanaman kedisiplinan, pembiasaan, menciptakan suasana yang kondusif, menanamkan budaya dan adat istiadat masyarakat yang tidak bertentangan dengan ajaran agama, sabar, tabah, santun, dan rendah hati. Kata kunci: pembelajaran akhlak, pendidikan karakter, nilai-nilai ketuhanan.