PENGARUH AKTIVITAS EKSTRAKURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA MTs. NU RAUDLATUS SHIBYAN PEGANJARAN BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: FAUZANAH, NANA ZULI
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1256/1/131310001118%20Nana%20Zuli%20Fauzanah%20%28Kacau%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1256/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Nana Zuli Fauzanah (NIM: 131310001118) “Pengaruh Aktivitas Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Al- Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa MTs. NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015 ”. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Aktivitas Ekstrakurikuler Baca Tulis al-Qur’an Siswa MTs. NU Raudlatus Shibyan; (2) Mengetahui Kemampuan Membaca al-Qur’an Pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits Siswa MTs. NU Raudlatus Shibyan; (3) Mengetahui Pengaruh Aktivitas Ekstrakurikuler Baca Tulis al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca al-Qur’an Pada Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits Siswa MTs. NU Raudlatus Shibyan Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan teknik analisis regresi satu prediktor, subyek penelitian sebanyak 31 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner untuk menjaring data variabel X dan Y. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu prediktor dengan skor deviasi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa 1) Aktivitas ekstrakurikuler Baca Tulis al-Qur’an siswa tergolong sedang dengan nilai rata-rata 72,1 dari rentang skor antara 45 sampai 97; 2) Kemampuan membaca al-Qur’an pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits siswa MTs. NU Raudlatus Shibyan tergolong sedang dengan nilai rata-rata 84,03 dari rentang skor antara 45 sampai 100; 3) Aktivitas ekstrakurikuler Baca Tulis al-Qur’an siswa memiliki hubungan signifikan dengan kemampuan membaca al-Qur’an pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Hal ini ditunjukkan oleh hasil Fhitung = 6,18 lebih besar daripada Ftabel (0,05) = 4,17 dan (0,01) Ft = 7,56. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas ekstrakurikuler baca tulis al-Qur’an siswa berpengaruh terhadap kemampuan membaca al-Qur’an pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Hal ini juga ditunjukkan dengan persamaan garis regresi Ŷ = 46,538+ 0,52 X