STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN GURU FIQIH DALAM PENGELOLAAN KELAS DI MTs SAFINATUL HUDA SOWAN KIDUL KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: SHOFIYAH, SITI
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1247/1/131310000185%20Siti%20Shofiyah%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1247/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • SITI SHOFIYAH (NIM. 131310000185). Studi Deskriptif Keterampilan Guru Fiqih dalam Pengelolaan Kelas di MTs Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015: Program Strata 1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam UNISNU Jepara. 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik. Penelitian ini menggunakan beberapa metode antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru MTs Safinatul Huda Sowan Kidul. Sumber data diperoleh dari guru Fiqih, kepala sekolah dan siswa MTs Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Pengumpulan data menggunakan instrumen pengamatan langsung dan wawancara untuk menjaring data. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis triangulasi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguraikan keterampilan guru Fiqih dalam pengelolaan kelas di MTs Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara tahun Pelajaran 2014/2015, 2) mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi guru Fiqih dalam mengelola kelas di MTs Safinatul Huda Sowan Kidul Jedung Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian mengenai keterampilan guru Fiqih dalam pengelolaan kelas di MTs Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara tahun pelajaran 2014/2015 adalah 1) Keterampilan guru Fiqih dalam pengelolaan kelas di MTs Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara tahun pelajaran 2014/2015 cukup baik. Guru Fiqih di MTs Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara sudah mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui tahapan-tahapan yang ada dalam pembelajaran. Guru sudah menggunakan media sesuai dengan materi yang disampaikan; 2) Faktor yang mempengaruhi keterampilan guru Fiqih dalam pengelolaan kelas seperti ruang kelas, pengaturan tempat duduk, pengaturan cahaya penyiapan sarana dan alat peraga, dan faktor individu seperti perilaku siswa di dalam kelas saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Adapun saran yang penulis ajukan yaitu: 1) Hendaknya ditindak lanjuti dengan supervisi kelas yang dilakukan oleh kepala MTs; 2) Untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pengelolaan kelas di MTs Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 perlu ditindak lanjuti dengan pengadaan diklat-diklat; 3) MTs perlu menyediakan sarana prasarana sehingga pada saat guru mengajar fasilitas dan media itu sudah tersedia dan siap pakai, otomatis perawatan dan kebersihan media terpelihara; 3) Upaya dalam meningkatkan disiplin siswa di MTs Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara perlu dicontoh atau dipelajari oleh MTs lainnya yang ada di wilayah Kecamatan Kedung, baik dalam sistemnya maupun pelaksanaanya. Namun akan lebih kelihatan tertata apabila ruangan diatur sedemikian rupa; 4) Pelaksanaan tata tertib dan peraturan sekolah perlu dikelola dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen.