STUDI ANALISIS TENTANG PENDIDIKAN SOSIAL BAGI MANUSIA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN
Main Author: | LUTFIYAH, ANIS |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1235/1/131310000021%20Anis%20Lutfiyah%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1235/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- AnisLutfiyah (NIM: 131310000021) JudulSkripsi “STUDI ANALISIS TENTANG PENDIDIKAN SOSIAL BAGI MANUSIA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN” Penelitianinimerupakansuatukajian yang menelititentangaspek- aspekpendidikansosialbagimanusiadalamperspektif Al-Qur’an. Pendidikansosialmerupakansalahsatusaranauntukmemanusiakananakdidiksebagai manusia agar mampuberperandalamstatusnyasebagaimakhluksosial(an-nas), hamba Allah (abd Allah) sekaligussebagaikhalifah Allah.Sebagaimakhluksosial, manusiahidupbermasyarakat yangharusmenyadariakanadanyahakdankewajibannyasebagaianggotamasyarakatte rtentu. Dengankemampuanatasdasarpemenuhankewajibandantanggungjawabinilah, anakdidikmampumewujudkandirisebagaimanusiasosial yang mampuikutmenciptakankedamaiandankeharmonisanhidupdalamlingkunganmasya rakat, bangsa, maupunmanusiasecara global. Penelitianinibertujuanuntukmengetahui: 1) KonsepPendidikanSosial. 2) Prinsip- prinsipPendidikanSosialdalamperspektif Al-Qur’an. 3) Aspek- aspekPendidikansosialdalam Al-Qur’an. Penelitianinimerupakanpenelitianperpustakaan(Library research)olehkarenaitu, yang menjadiobjeknyaadalahbuku-bukudantulisan-tulisan lain sepertiartikel yang berkaitandenganpembahasanpendidikansosial, khususnyadiambildari Al-Qur’an dankitab-kitabtafsir, yang kemudianhasildari data-data itu di analisisuntukmendapatkankonseppendidikansosial yang sesuaidenganajaran Islam. Hasilpenelitianinisebagaiberikut: 1) Pendidikansosialmerupakanusahauntukmendidikdanmembentukmanusia yang mengetahuidanmenginsyafitugasdankewajibannyaterhadapberbagaigolonganmasy arakatdanmembiasakannyaberperilakusosial yang baiksebagaianggotamasyarakatdansebagaiwarganegara. 2) Al-Qur’an telahmenerangkansecarainplisitmengenaiprinsip-prinsippendidikansosial, yang diantaranyaadalahPrinsipPersaudaraan, PrinsipTanggungJawab, Prinsip Amar Ma’rufNahiMunkar, PrinsipSalingMenasehatidanTolong-menolong, PrinsipMusyawarahdanPrinsipToleransi. 3) Untukmenghasilkanpendidikansosial yang sesuaidengan Al-Qur’an, kitaharusmemperhatikanbeberapaaspek, yaituaspektujuandimanapendidikansosialinibertujuanmenciptakanmasyarakat ideal sebagaimana yang telahdigambarkanoleh Al-Qur’an. Kemudianaspeklingkungananak yang meliputilingkungankeluarga, sekolahdanmasyarakat yang jugaharus di jagadan di arahkanoleh orang tua, guru, danmasyarakatitusendiri. Serta aspekprinsip- prinsippendidikansosialdimanadenganberpegangpadapinsip-prinsiptersebut, diharapkanmasyarakat yang damaidantentramakanterrwujud.