APLIKASI METODE “EVERYONE IS A TEACHERHERE” DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FIQIH(STUDI DESKRIPTIF DI KELAS VII MTS MIFTAHUL HUDA WATUAJI KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
Main Author: | I’ANATUSSA’DIYAH, I’ANATUSSA’DIYAH |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1228/1/131310001903%20I%27anatussa%27diyah%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1228/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- I’ANATUSSA’DIYAH ( NIM : 228423 ). Aplikasi Metode Everyone Is a Teacher Here Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Fiqih (Studi Deskriptif Di Kelas VII MTs Miftahul Huda Watuaji Keling Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014). Penelitian ini bertujuan mengetahui :1). Bagaimanalangkah- langkahpenerapanmetodeEveryone Is a Teacher HeredalammeningkatkanmotivasibelajarFiqihdi Kelas VII MTs Miftahul Huda watuajiTahunpelajaran 2013/2014.2). BagaimanamotivasibelajarsiswasebelumdansesudahpenerapanmetodeEveryone Is a Teacher HeredalampembelajarnFiqih di kelas VII MTs Miftahul Huda WatuajiTahunPelajaran 2013/2014.3). Apasaja factor yang mempengaruhipelaksanaanmetodeEveryone Is a Teacher HeredalammeningkatkanmotivasibelajarFiqihsiswa di kelas VII MTsMiftahulHudaWatuajiTahunPelajaran 2013/2014. Dari hasilpenelitianmenunjukkanbahwametodemerupakancara yang digunakanoleh guru dalammengadakan hubungan dengan siswasaatberlangsungnyapengajaran.Jadipemilihanmetodemenjadisangatpentingda lam proses pembelajaran. Langkah-langkahpenerapanmetodeEveryone Is a Teacher Heredi kelas VII MTs Miftahul Huda Watuajisudahsesuaidenganyang sudahdijelaskandidalambuku,sebelumpenggunaanmetodeinipembelajarancenderu ngmembosankanKarenaterjadinyakomunikasisatuarah yang menjadikansiswacenderungpasif. Inidapatdilihatdarikesiapandankeaktifansiswadalam proses pembelajaran. Setelahdilaksanakannyapembelajarandenganmenggunakanmetode Everyone Is a Teacher Heremempermudahsiswadalammemahamimateridanpermasalahan yang dipelajari, selainituserta dapat melatih kemampuan berfikir siswa dalam menganalisis dan memecahkan suatu persoalan yang terkait dengan materi pembelajaran Selain itu berdasarkan pengamatan peneliti, dengan penerapan metode ini peserta didik lebih berani mengungkapakan pendapat dan tanggapan masing-masing, peserta didik lebih fokus memperhatikan pembelajaran, lebih semangat belajar mempersiapkan materi yang akan di pelajari.Meskipundemikiandalampenerapanmetodeinitidakterlepasdari factor pendukungdanpenghambat Hal ini menunjukkan bahwa dengan penerapan metode Everyone Is a Teacher Heredapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta menjadi cara efektif agar suasana pembelajaran lebih menyenangkan dan sangat berkesan.