IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MI MASHOLIHUL HUDA KRAPYAK TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | UTAMI, SRI |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1221/1/131310001038%20Sri%20Utami%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1221/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Implementasi Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fiqih Di Mi Masholihul Huda Krapyak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah Metode Observasi, Metode Dokumentasi, Metode Interview. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Di dalam pendidikan agama Islam metode demonstrasi adalah metode yang lebih memahamkan materi pelajaran dalam proses belajar mengajar, dan sebagai seorang pendidik atau guru tidak hanya melaksanakan proses belajar mengajar melalui pemaparan saja akan tetapi bisa diimbangi dengan metode demonstrasi yang lebih mendasarkan pada praktek. Dalam Implementasi Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fiqih Di MI Masholihul Huda Krapyak Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 Guru dan peserta didik dituntut lebih aktif dan terlibat langsung sehinga implementasi metode demonstrasi pada pembelajaran Fiqih dapat berjalan dengan efektif sesuai dengan target yang diharapkan. Dan guru seharusnya sudah menguasai metode tersebut dalam berbagai Mata Pelajaran, bukan hanya di mata pelajaran Fiqih saja tetapi mata pelajaran agama yang lain ataupun bisa melebar dalam mata pelajaran umum. Dalam kenyataannya penerapan metode demonstrasi di MI Masholihul Huda Krapyak pada mata pelajaran Fiqih sudah bagus dan peserta didikpun mengikutinya dengan antusias. Hal ini disebabkan karena metode tersebut dilaksanakan dengan cara praktek langsung sehingga pemahaman peserta didik dapat optimal. Pada akhir penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fiqih di MI Masholihul Huda Krapyak Tahunan Jepara, guru dapat melihat pada anak yang diharapkan dapat berkembang melalui pikir, oleh rasa dan olah raga untuk mewujudkan sikap disiplin, akhlak mulia, cerdas dan terampil.