PELAKSANAAN PENDIDIKAN AKHLAK DENGAN PENERAPAN METODE PEMBIASAAN PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM PURWOGONDO KALINYAMATAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: KHOIRUL, AHMAD
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1214/1/131310000209%20Ahmad%20Khoirul%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1214/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Purwogondo merupakan Madrasah Tsanawiyah yang memadukan antara ilmu-ilmu agama (Islam) dengan ilmu-ilmu terapan. Kegiatan pendidikan di sekolah tersebut mengharapkan agar siswasiswanya mampu mengamalkan ajaran agama yang nantinya akan memberikan ciri khas kepada siswa sekolah tersebut sebagai siswa yang berakhlak mulia dan baik ibadahnya. Penerapan pengamalan agama Islam tersebut dilakukan melalui metode pembiasaan. Metode pembiasaan yang dimaksud adalah suatu cara yang dilakukan oleh pendidik dengan memberikan latihan-latihan atau tugas-tugas kepada siswa terhadap suatu perbuatan tertentu, agar siswa mempunyai kebiasaan yang sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengurai penerapan metode pembiasaan dalam pendidikan akhlak pada siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Purwogondo, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Pendidikan Akhlak dengan penerapan metode pembiasaan pada siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Purwogondo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang mempunyai karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya (natural setting), dengan tidak mengubah bentuk simbol atau angka dan bersifat deskriptif yang didasarkan pada pertanyaan bagaimana. Dan teknik pengolahan datanya adalah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan teknik analisisnya menggunakan teknik reduksi, display dan verifikasi. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode pembiasaan dalam pendidikan akhlak pada siswa MTs Darul Ulum Purwogondo adalah dengan mencoba dan membiasakan peserta didiknya dan di lingkungan sekitar secara keseluruhan untuk menghidupkan dan menegakkan nilai-nilai akhlak yang benar dengan memberikan pembiasaan, latihan, pengalaman, pengamalan dan teladan. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan akhlak dengan penerapan metode pembiasaan diantaranya Partisipasi pemerintah dan masyarakat, Sifat keteguhan dan kesungguhan peserta didik dalam menerima materi pendidikan akhlak, Sifat kooperatif, sabar, tekun, telaten dan penuh tanggung jawab yang dimiliki oleh para pendidik, Kemauan yang tinggi peserta didik dalam memperbaiki perilaku, Jauhnya dari lingkungan yang negatif. Adapun faktor penghambatnya antara lain Kurikulum MTs Darul Ulum Purwogondo mengenai dimasukkannya materi moral dan budi pekerti ke dalam setiap mata pelajaran juga cukup sulit, Minimnya fasilitas pendukung, Kurangnya kesadaran penuh dari keluarga dan masyarakat.