PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DIMADRASAH TSANAWIYAH ASSYAFI’IYAH BANYUMANIS DAN DIMADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM BANDUNGHARJO DONOROJO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015.

Main Author: ROCHIM, AHMAD NUR
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1201/1/131310002982%20Ahmad%20Nur%20Rochim.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1201/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Ahmad Nur Rochim Latar belakang dari penelitian ini adalah melihat kenyataan pembelajaran disekolah yang menggunakan alat manual tidak melibatkan alat modern dalam penyajian dan pembelajarnnya hasilnya kurang maksimal dan banyak menyita waktu, maka penulis berusaha menggunanakan judul diatas untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran yang menggunakan alat modern seperti media audio visual apakah lebih banyak manfaatnya atau justru sebaliknya.Adapun tujuan Peneletian ini adalah sebagai berikut:Untuk mengetahui Konsep penggunaan audio media visual dalam pembelajaran fiqih.Untuk mengetahui penggunaan media Audio visual di Madrasah Tsanawiyah Assyafi’iyah Banyumanis.Untuk mengetahui penggunaan media Audio visual di Madrasah Tsanawiyah Darul ulum Bandungharjo.Untuk mengetahui penggunaan media audio visual sudah sesuai atau belum dengan konsepnya. Dari hasil pengolahan data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa Konsep Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Fiqih diMadrasah Tsanawiyah Assafiiyah Banyumanis dan diMadrasah Tsanawiyah Darul Ulum Bandungharjo adalah seperti yang tercantum pada Bab II media yang terjadi dari media audio dan visual yang digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan konsep, gagasan dan pengalaman yang ditangkap oleh indra pendengaran dan pandangan sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajukan.Maksudnya adalah cara penyampaian materi fiqih kelas VIII diMadrasah Tsanawiyah Assafiiyah Banyumanis dan diMadrasah Tsanawiyah Darul Ulum Bandungharjo dengan menggunakan audio visual. Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Fiqih diMadrasah Tsanawiyah Assafiiyah Banyumanis yaitu sebelum pelaksanaan pembelajaran, guru memahami kurikulum yang berlaku terutama tentang kemampuan atau kompetensi yang harus dicapai setelah mempelajari suatu materi pembelajaran dan menyesuaikan penggunaan media audio visual dengan materi yang diajarkan supaya hasilnya maksimal. Dengan prosedur sebagai berikut : mengadakan Pre Test, menyampaikan materi pelajaran seperti mempersiapkan kelas, siswa diputarkan CD, guru menjelaskan lagi dan membuat kesimpulan, guru menyuruh siswa untuk mempraktekkan di depan kelas, dan Mengadakan Post Test.Penggunaan media audio visual dalam II pembelajaran Fiqih diMadrasah Tsanawiyah Darul Ulum Bandungharjo sama seperti diMadrasah Tsanawiyah Assafiiyah Banyumanis yaitu sebelum pelaksanaan pembelajaran, guru memahami kurikulum yang berlaku terutama tentang kemampuan atau kompetensi yang harus dicapai setelah mempelajari suatu materi pembelajaran dan menyesuaikan penggunaan media audio visual dengan materi yang diajarkan supaya hasilnya maksimal. Dengan prosedur sebagai berikut : mengadakan Pre Test, menyampaikan materi pelajaran seperti mempersiapkan kelas, siswa diputarkan CD, guru menjelaskan lagi dan membuat kesimpulan, guru menyuruh siswa untuk mempraktekkan di depan kelas, dan Mengadakan Post Test.Penggunaan Media Audiovisual diMadrasah Tsanawiyah Assafiiyah Banyumanis dan diMadrasah Tsanawiyah Darul Ulum Bandungharjo sudah sesuai dengan konsep penggunaan media audio visual menurut teori yang ada yaitu sebelumnya melakukan langkah persiapan atau perencanaan guru melakukan beberapa kegiatan : 1)Mempelajari dan memahami kurikulum yang berlaku terutama tentang kemampuan atau kompetensi yang harus dicapai setelah mempelajari suatu materi pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. 2)Melakukan analisis kurikulum untuk mengetahui hubungan kemampuan atau kompetensi yang harus dicapai siswa dengan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. 3)Memilih media audio visual yang cocok dan disesuaikan dengan materi yang diajarkan. 4)Media yang akan digunakan sudah tersedia di sekolahKemudian melaksanakan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran fiqih dengan beberapa tahap antara lain yaitu :Mempersiapkan Kelas, Siswa diajak masuk ke laboratorium untuk menyaksikan pemutaran kaset CD tentang praktek shalat. Siswa Diputarkan CD Dalam penyajiannya, guru memperhatikan perlengkapan yang diperlukan dan memperhatikan perlengkapan yang diperlukan dan memperhatikan keadaan ruangan yang gelap atau tidak. Guru menjelaskan lagi dan membuat kesimpulan. Guru menyuruh siswa untuk mempraktekkan di depan kelas.