STUDI DESKRIPTIF TENTANG PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI KELAS V MI MATHOLI’UL HUDA II DAMARWULAN KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 MI MATHOLI’UL HUDA II DAMARWULAN KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 MI MATHOLI’UL HUDA II DAMARWULAN KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2013 / 201
Main Author: | MEGI, ANDI |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/1193/1/131310002961%20Andi%20Megi%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/1193/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Andi Megi Skripsi : Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlotul Ulama’ Jepara. Pembimbing Mufid, M.Ag. Kata kunci : Pembelajaran Mata Pelajarn Aqidah Akhlaq, Studi Deskriptif tentang Pengajaran Dan Pembelajaran Aqidah Akhlaq. Peneliti merumuskan beberapa masalah sebagai berikut : Bagaimanakah pelaksanaan pengajaran dan pembelajaran Aqidah Akhlaq di MI Matholi’ul Huda II Damarwulan Keling Jepara ? . Bagaimanakah strategi guru dalam pengajaran dan pembelajaran Aqidah Akhlaq di MI Matholi’ul Huda II Damarwulan Keling Jepara ?. Faktor apakah yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan pengajaran dan pembelajaran Aqidah Akhlaq di MI Matholi’ul Huda II Damarwulan Keling Jepara ? Tujuan yang dicapai adalah Untuk mengetahui pelaksanaan pengajaran dan pembelajaran Aqidah Akhlaq di MI Matholi’ul Huda II Damarwulan Keling Jepara. Untuk mengetahui strategi guru dalam pengajaran dan pembelajaran Aqidah Akhlaq di MI Matholi’ul Huda II Damarwulan Keling Jepara. Untuk mengetahui Faktor apakah yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan pengajaran dan pembelajaran Aqidah Akhlaq di MI Matholi’ul Huda II Damarwulan Keling Jepara. Hasil penelitian adalah langkah yang dilakukan dalam Studi Deskripsi Tentang pengajaran dan pembelajaran Aqidah Akhlaq di MI Matholi’ul Huda II Damarwulan Keling Jepara. Salah satu Strategi guru dalam pengajaran dan pembelajaran Aqidah Akhlaq di MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan Keling Jepara jika di hubungkan dengan proses belajar mengajar maka aspek yang perlu ada dalam proses adalah berkaitan dengan bagaimana cara merencanakan pembelajaran Aqidah Akhlaq, materi apa, strateginya, medianya, langkahlangkahnya dan bagaimana mengevaluasinya. Dalam pembelajaran Aqidaha Akhlaq ada faktor pendukung dan faktor penghambat metode pembelajaran. Faktor pendukungnya yaitu; Sikap guru yang ramah dan baik menjadikan siswa senang mengikuti mata pelajaran Akidah Akhlak, Adanya kerajasama siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan, Adanya kemauan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran diskusi pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Adapun faktor penghambatnya yaitu; adanya keterbatasan waktu dalam melaksanakan proses pembelajaran , siswa masih ragu-ragu dan malu dalam mengeluarkan pendapat, ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan ketika proses pembelajaran dan keadaan di luar kelas yang kurang mendukung. Strategi ini dipilih karena dipandang cocok dengan tujuan pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah, karena berkaitan dengan pemahaman yang mencakup aspek kognitif (pengetahuan?pemahaman), afektif (sikap)Maupun Psikomotorik (keterampilan) siswa.