UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MI ISLAMIYAH 01 PAYAK DAN MI ISLAMIYAH 02 MOJO KECAMATAN CLUWAK PATI TAHUN AJARAN 2013/2014

Main Author: ISHAQ, AHMAD MASHARUL
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1192/1/131310002956%20Ahmad%20Masharul%20Ishaq%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1192/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Ahmad Masharul Ishaq, (131310002956), “Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Islamiyah 01 Payak dan MI Islamiyah 02 Mojo Kecamatan Cluwak Pati Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi : Program Studi Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama’ Jepara. Pembimbing Drs. Maswan, MM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajara siswa MI Islamiyah 01 Payak dan MI Islamiyah 02 Mojo Kec. Cluwak Pati Tahun Ajaran 2013/2014. Guru adalah pelaksana penddikan di lapangan yang berfungsi sebagai pengajar, pendidik, dan pembimbing. Ketika fungsi guru tersebut telah dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, baik dalam aspek kognitif, afaktif, maupun psikomotorik, yang selama ini tingkat pencapaiannya masih rendah. Berangkat dari realitas di atas, ada tiga fokus yang di ajukan untuk di kaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana hasil belajar siswa, (2) apa saja upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dan (3) apa saja faktor penunjang dan penghambat hasil belajar siswa di MI Islamiyah 01 Payak dan MI Islamiyah 02 Mojo Cluwak Pati. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun populasi yang dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Islamiyah 01 Payak dan MI Islamiyah 02 Mojo Cluwak Pati pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq yang berjumlah 40 peserta didik. Metode pengumpulan datanya dengan menggunkan metode observasi, metode interview dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif untuk mengetahui hasil belajar semua peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas V, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik digunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruhnya terhadap upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlaq kelas V MI Islamiyah 01 Payak dan MI Islamiyah 02 Mojo Cluwak Pati. Dalam penelitian ini diketahui bahwa kondisi awal dari peserta didik MI Islamiyah 01 Payak ada peserta didik yang tuntas ada 4 (25%) setelah diadakan tindakan pada siklus I hasil belajar meningkat 9 peserta didik yang tuntas (43,75%) dan pada siklus II hasil belajar peserta didik meningkat 15 (93,75%). Dan untuk MI Islamiyah 02 Mojo Cluwak Pati ada 5 peserta didik yang tuntas (20,8%) setelah diadakan tindakan pada siklus I hasil belajar meningkat 17 peserta didik yang tuntas (70,8%) dan pada siklus II hasil belajar peserta didik meningkat 22 peserta yang tuntas ( 91,6%), dapat mencapai keberhasilan dan mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu 75% sama dengan 65. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Islamiyah 01 Payak dan MI Islamiyah 02 Mojo Cluwak Pati tahun ajaran 2013/2014. Dengan demikian hipotesisi dapat diterima. Kata Kunci : Guru dan Hasil Belajar. Hasil Belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya yaitu bahan atau hal yang dipelajarai, lingkungan, instrumental dan kondisi individu siswa. Akan tetapi kebenaran ini perlu dibuktikan dengan diadakannya penelitian supaya dapat diuji ilmiahkan.