PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DI RUMAH DAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA MI TARBIYATUL ISLAM 02 WEDUSAN DUKUHSETI PATI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: SA’ADAH, LATHIFATUS
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1191/1/131310002953%20Lathifatus%20Sa%27adah%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1191/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • LATHIFATUS SA’ADAH (NIM. 131310002953), Pengaruh Intensitas Belajar di Rumah dan Kedisiplinan Belajar di Kelas terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa MI Tarbiyatul Islam 02 Wedusan Dukuhseti Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jepara: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara, 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui intensitas belajar di rumah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa MI Tarbiyatul Islam 02 Wedusan Dukuhseti Pati tahun pelajaran 2014/2015 (2) Mengetahui kedisiplinan belajar di kelas pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa MI Tarbiyatul Islam 02 Wedusan Dukuhseti Pati tahun pelajaran 2014/2015 (3) Mengetahui prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa MI Tarbiyatul Islam 02 Wedusan Dukuhseti Pati tahun pelajaran 2014/2015 (4) Mengetahui pengaruh intensitas belajar di rumah dan kedisiplinan belajar di kelas terhadap prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa MI Tarbiyatul Islam 02 Wedusan Dukuhseti Pati tahun pelajaran 2014/2015. Variabel dalam judul penelitian ini ada 3 (tiga) yaitu intensitas belajar di rumah sebagai variabel bebas pertama (atau variabel X ), kedisiplinan belajar di kelas sebagai variabel bebas kedua (variabel X 2 1 ) dan prestasi belajar Aqidah Akhlak sebagai variabel terikat (variabel Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk mengumpulkan data intensitas belajar di rumah dan kedisiplinan belajar di kelas, sedangkan tes untuk mengumpulkan data prestasi belajar. Populasinya adalah siswa MI Tarbiyatul Islam 02 Wedusan tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 136 orang, karena populasi banyak maka diambil sampel secara classter yaitu pada siswa kelas IV dan V yang berjumlah 44 orang. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus regresi ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1). Intensitas belajar di rumah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa MI Tarbiyatul Islam 02 Wedusan Dukuhseti Pati tahun pelajaran 2014/2015 adalah cukup. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata hasil angket sebesar 32,27 berarti berada pada kategori cukup, karena berada pada nilai interval yang berjarak 27 – 34, (2) Kedisiplinan belajar di kelas pada mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa MI Tarbiyatul Islam 02 Wedusan Dukuhseti Pati tahun pelajaran 2014/2015 kategorinya adalah baik. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai hasil angket sebesar 53,93 yang berarti berada pada kategori baik, karena berada pada nilai interval yang berjarak antara 52 – 63. (3) Prestasi Belajar Aqidah Akhlak siswa MI Tarbiyatul Islam 02 Wedusan Dukuhseti Pati tahun pelajaran 2014/2015 kategorinya adalah baik. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata hasil tes dan nilai harian sebesar 73,83 yang berada pada kategori baik karena berada pada nilai interval yang berjarak 70 – 79. (4) Secara simultan ada pengaruh positif yang signifikan intensitas belajar di rumah dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa MI Tarbiyatul Islam 02 Wedusan Dukuhseti Pati tahun pelajaran 2014/2015. Dari analisis statistik dengan rumus regresi ganda menunjukkan taraf signifikansi pada taraf 5% maupun 1%. Di mana besarnya F yaitu 20,50 kemudian dibandingkan dengan F tabel reg dengan df = 2 : 41, untuk taraf signifikansi 1% = 5,23 dan untuk taraf signifikansi 5% = 3,18. Jadi Freg > F tabel. Selain itu ditemukan pula R determinasi sebesar 42%, yang berarti intensitas belajar di rumah dan kedisiplinan belajar di kelas berpengaruh positif kurang lebih sebesar 42%. Kata Kunci: Intensitas belajar di rumah, kedisiplinan belajar di kelas, prestasi belajar Aqidah Akhlak.