HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI 03 BANDUNGHARJO DONOROJO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: LAILI, ANIS NUR
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/1184/1/131310001449%20aNIS%20Nur%20Laili%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/1184/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • ANIS NUR LAILI (NIM. 131310001449), Hubungan antara Minat Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas IV dan V SD Negeri 03 Bandungharjo Donorojo Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jepara: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara, 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan minat belajar pendidikan agama Islam siswa kelas IV dan V SD Negeri 03 Bandungharjo Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015, (2) Menjelaskan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa kelas IV dan V SD Negeri 03 Bandungharjo Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015, (3) Mengetahui hubungan antara minat belajar pendidikan agama Islam dengan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa kelas IV dan V SD Negeri 03 Bandungharjo Donorojo Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Variabel penelitian ini ada 2 (dua) macam yaitu minat belajar pendidikan Agama Islam sebagai variabel bebas (atau variabel X) dan kemampuan baca tulis alQur’an sebagai variabel terikat (variabel Y). Pengumpulan datanya menggunakan observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data minat belajar pendidikan agama Islam, sedangkan tes digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan baca tulis al-Qur’an (variabel Y). Populasinya adalah siswa kelas 4 dan 5 SD Negeri 03 Bandungharjo yang berjumlah 46 orang. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Minat belajar pendidikan agama Islam siswa kelas IV dan V SD Negeri 03 Bandungharjo Donorojo Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah baik. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata (mean) nilai hasil observasi langsung yaitu 53,59 yang berarti berada pada kategori baik karena berada pada nilai interval yang berjarak 52 – 63. (2) Kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa kelas IV dan V SD Negeri 03 Bandungharjo Donorojo Jepara tahun pelajaran 2014/2015 adalah cukup. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata (mean) nilai hasil tes tertulis dan tes lisan yaitu 64,30 berarti berada pada kategori cukup, karena berada pada nilai interval yang berjarak 60 – 69. (3) Ada hubungan yang signifikan antara minat belajar pendidikan agama Islam dengan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa kelas IV dan V SD Negeri 03 Bandungharjo Donorojo Jepara tahun pelajaran 2014/2015. Perhitungan dengan rumus product moment diketahui bahwa r xy = 0,505. Kemudian dikonsultasikan dengan t tabel product moment dengan N = 46, pada taraf signifikansi 5% = 0,291 dan taraf signifikansi 1% = 0,376. Ternyata r xy lebih besar daripada r t 5% (0,505 > 0,291), maupun r t 1% (0,505 > 0,376). Hasil hitung/observasi sebesar = 0,505 yang berkisar antara nilai 0,40 – 0,70 berarti antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang cukupan. Selain itu hasil r sebesar 25% yang berarti minat belajar pendidikan agama Islam berkorelasi sebesar 25% dengan kemampuan baca tulis alQur’an determinasi Kata Kunci: Minat Belajar Pendidikan Agama Islam dan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an